Selasa, 17 April 2012

Pesawat Discovery Jalani Penerbangan Terakhir


Discovery menjalani penerbangan terakhir pada Selasa (17/4/2012) ini. Pesawat ulang alik ini takkan terbang sendiri, tetapi di atas pesawat Boeing 747 Shuttle Carrier Aircraft.

Penerbangan Discovery kali ini adalah yang terakhir kalinya. Pesawat yang biasa dimanfaatkan untuk penerbangan ke ruang angkasa ini akan dimuseumkan di Steven F Udvar-Hazy Center, bagian dari Smithsonian National Air and Space Musuem di Washington DC.

Hari ini, pesawat berangkat dari Cape Canaveral di Florida menuju Dulles International Airport di Washington DC. Jika semua rencana berjalan lancar, pesawat sudah akan berada di museum untuk dipamerkan pada hari Kamis (19/4/2012).

Di Washington, NASA merencanakan penerbangan dengan ketinggian rendah sehingga Discovery bisa dilihat warga. Penerbangan akan melewati National Mall dan Reagan National Airport. Penerbangan ketinggian rendah direncanakan pada pukul 10.00-11.00 waktu setempat.

Discovery mengakhiri misi antariksanya pada Maret 2011. Pesawat ini telah menjalani 39 kali perjalanan ke antariksa, 365 hari misi serta menyertai program antariksa NASA selama 30 tahun.

NASA telah mengakhiri seluruh program penerbangan pesawat ulang alik sejak Juli lalu. Setelah Discovery, pesawat ulang alik Endeavour dan Atlantis juga akan segera dimuseumkan.

Di Smithsonian National Air and Space Museum, Discovery akan menggantikan prototipe pesawat Enterprise, sementara Enterprise akan dipindahkan ke Interpid Sea, Air and Space Museum di New York pada 23 April mendatang.

Sumber :SPACE.COM

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls