Minggu, 17 Februari 2013

Google Wujudkan Layanan Bahasa Bali




Google melakukan sejumlah inovasi baru. Mereka menjadikan bahasa Bali sebagai salah satu sejumlah pilihan bahasa di halaman Google Indonesia. 


Pengunjung yang mengunjungi google.co.id kini memiliki opsi untuk membaca teks dalam bahasa Bali maupun Indonesia, Jawa dan Inggris. Ini adalah bahasa daerah kedua yang didukung di Indonesia setelah bahasa Jawa. 



Layanan ini dilakukan atas kerjasama Yayasan Dwijendra bersana BASAbali.org. Sebanyak 45 mahasiswa beserta ahli bahasa dari Universitas Udayana, Yayasan Dwijenda, serta Balai Bahasa membantu penyelenggaraan acara penerjemahan ini. 



"Google dengan senang hati siap membantu upaya-upaya untuk melestarikan warisan Indonesia yang kaya budaya dan bahasa. Kami sangat berterima kasih kepada Basa Bali untuk dedikasi mereka untuk membantu kami menerjemahkan antarmuka pencarian halaman depan Google," kata Google Indonesia Head of Country, Rudy Ramawy. "Sebagai bahasa daerah yang digunakan oleh 4 juta orang, kami berharap bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan." 



Bahasa Bali akan tersedia di halaman home page Google dan hasil pencarian. Bahasa Bali tidak akan menjadi salah satu bahasa di Google Translate. 


0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls