Sabtu, 12 Desember 2009

China Sukses Ciptakan Lapangan Kerja Baru


BEIJING — China dalam sepuluh bulan pertama 2009 telah melampaui jumlah penyediaan lapangan pekerjaan baru. Demikian media setempat mengatakan pada Sabtu (12/12/2009). Hal itu menandakan bahwa negara itu sedang bangkit dari krisis ekonomi global.
   
China menciptakan 9,4 juta pekerjaan baru di kawasan perkotaan pada 10 bulan pertama 2009 atau melampaui target yang ditetapkan pemerintah, yaitu sembilan juta lapangan kerja baru sepanjang 2009. Demikian kantor berita China, Xinhua, melaporkan mengutip Departemen Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial.
   
Dikatakan bahwa sekitar 4,4 juta pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja menemukan lapangan kerja baru pada periode Januari hingga Oktober atau sekitar 88 persen dari target selama setahun sebanyak 5 juta.
   
Para pejabat memperkirakan bahwa lebih dari 20 juta pekerja migran kehilangan pekerjaan pada saat terjadi krisis finansial global yang menimpa ekonomi China. Hal ini menjadikan penciptaan lapangan kerja merupakan suatu prioritas bagi pemerintah dalam anggaran stimulusnya.
   
Departemen itu memperkirakan bahwa pengeluaran untuk stimulus China sesuai dengan penciptaan setidaknya 24 juta pekerjaan.
   
Suatu pemulihan dalam penyediaan lapangan kerja merupakan prakondisi esensial bagi Beijing untuk bangkit kembali akibat merosotnya ekspor China sehingga berbagai pabrik terkemuka memangkas jutaan pekerjanya.

Sumber : Kompas

Berita Lain :

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls