Sabtu, 12 Desember 2009

CIA Putus dengan Blackwater

WASHINGTON - Dinas Intelijen Pusat AS (CIA) telah membatalkan kontrak dengan perusahaan keamanan yang dulu dikenal dengan nama Blackwater Worldwide dan mengizinkan perusahaan itu memuat bom ke pesawat tanpa awak milik AS di Pakistan dan Afganistan.
   
The New York Times, Jumat malam, dengan mengutip keterangan beberapa pejabat intelijen, melaporkan, kontrak itu memberi pegawai Blakwater peran operasional di dalam salah satu program rahasia paling penting CIA. Program tersebut telah menewaskan puluhan gerilyawan dengan menggunakan pesawat tanpa awak Predator dan Reaper.
   
Kontrak dengan perusahaan itu, yang kini disebut Xe Services, dibatalkan tahun ini oleh Direktur CIA Leon Panetta, kata laporan tersebut.
   
Jurubicara CIA George Little mengatakan, Panetta telah memerintahkan pegawai lembaga itu mengambil alih tugas dari pegawai Xe di pangkalan terpencil pesawat tanpa awak di Pakistan dan Afghanistan, kata surat kabar itu. Panetta juga telah memerintahkan kajian semua kontrak dengan perusahaan tersebut, kata laporan itu. "Saat ini, Blackwater tak terlibat di dalam satu pun operasi CIA selain dalam peran keamanan atau pendukung," kata Little sebagaimana dikutip oleh The New York Times.
   
Pengungkapan mengenai penghentian kontrak itu disampaikan sehari setelah The New York Times melaporkan pegawai Blackwater telah bergabung dengan agen CIA dalam berbagai operasi rahasia melawan kelompok-kelompok diduga Al Qaeda di Irak dan Afganistan.

Sumber : Kompas

Berita Lain : 

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls