Sabtu, 30 Juni 2012

SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Terapkan Green School

SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Terapkan Green School. Oke, kali ini kabar Biasa akan berbagi informasi tentang SMAN 1 Pangkalan Kerinci Terapkan Green School.


SMAN 1 Pangkalan kerinci kini sudah mampu mewujudkan sekolah yang hijau seperti yang diterapkan dalam Program Green School. Sebuah program dari pusat untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang tujuannya, siswa bukan saja menguasai dibidang akademik tapi juga mampu memupuk rasa cinta terhadap lingkungan yang semakin hari semakin kritis.

SEKOLAH yang rindang dengan dilengkapi kebun botani membuat sekolah ini menjadi tidak kalah saing dengan sekolah lainnya. Dikarenakan program-program lingkungan yang sudah mulai terjalankan semakin membaik tidak saja dimata siswa tapi juga di mata pemerintah dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Semua tak lain berkat kerja sama antar penduduk sekolah. Yakni kerja sama antara siswa dan guru-guru. Tak lepas dari kepedulian kepala sekolah yakni Darisman MPd yang mana sangat peduli terhadap lingkungan sekolah yang dibinanya. Kegigihan cara memimpinnya membuat semua kagum dengan program yang sangat positif ini.

Siswa juga tak lepas oleh bimbingan guru pembina yang mana dapat terus memotivasi agar menjadi lebih baik. Dapat terus peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah. Ibu Salmiyati MPd salah satu guru mata pelajaran biologi yang sangat aktif dalam mengajak siswa untuk memupuk rasa cinta terhadap lingkungan hidup saat ini. Kegiatan tiap harinya ditinjau dari kegiatan labor alam yang semakin tersorot sangat dibanggakan di mata sekolah. Beliau juga menerapkan kepada siswa bahwa rasa cinta terhadap lingkungan itu sangatlah penting sekali.

Sebuah program lingkungan peduli yakni dengan menanam satu pohon satu siswa dapat membantu perlahan-lahan bumi yang semakin panas ini. SMAN 1 Pangkalankerinci juga tak lepas dari program studi banding pada sekolah-sekolah yang menjadi sorotan nasional baik internasional terhadap mutu dalam kepedulian sekolah yang hijau, sehat dan asri. Meninjau dari sekolah-sekolah yang unggul SMAN 1 Pangkalankerinci akan mencoba beranjak naik step by step demi meraih visi, dan misi sekolah yakni terdepan dan menjadi teladan.

Perwujudan sekolah hijau adalah sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan dalam seluruh aktivitas sekolah. Sekolah dengan visi, misi, tujuan dan kebijakan yang mengacu pada mutu sekolah, sangat berkepentingan mewujudkan pola hidup bermutu melalui Program Green School.

Sebenarnya tidaklah mudah mewujudkan kesejatian sekolah hijau karena tidak sekadar lingkungan fisik bersih yang terlihat, namun lebih pada terbangunnya kesadaran lingkungan warga sekolah yang tercermin dalam perilaku keseharian sebagai tuntutan peningkatan mutu hidup. Perwujudan Sekolah Hijau tidak terlepas dari peran swasta, LSM dan pemerintah. Dan yang paling penting adalah peran warga sekolah itu sendiri baik seluruh siswa, guru dan karyawan. Diperlukan guru atau beberapa guru untuk menjadi pelopor dan contoh bagi siswanya dalam memulai program tersebut. Dan SMAN 1 Pangkalankerinci sudah mulai terlahir menjadi sekolah yang bermutu bukan saja di bidang intelektual atau spritual saja tapi dibidang rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Materi lingkungan hidup juga sangat penting sekali diterapkan di sekolah. Bukan hanya menjadi program ekstrakulikuler tapi bisa menjadi hal penilaian dalam lapor siswa. Jadi siswa semakin peduli dengan penilaian yang tertera setiap semesternya. Dan program tersebut akan mulai dicanangkan segera oleh SMAN 1 bertaraf RSBI ini.
Menjadi sorotan pertama oleh pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan, menjadi SMAN 1 Pangkalankerinci semakin peduli untuk terus mengembangkan mutu pendidikan terbaik. Pendidikan yang diberikan tidak hanya pelajaran biasa saja, tapi pendidikan mengenai lingkungan juga harus diterapkan segera. Didukung oleh dinas pendidikan dan dinas kehutanan kembali memotivasi baik kepala sekolah, guru-guru dan para siswa. Kerja sama antar Pemda dan sekolah juga mampu mempercepat program green school ini dapat terjalankan dan menggebrak cita-cita dan mimpi sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang unggul tidak hanya di di Provinsi Riau tapi juga unggul di mata Indonesia.

Cepat atau lambat sekolah rintisan bertaraf internasional ini dapat terwujudkan segera menjadi sekolah green school terbaik di pelosok negeri. Dimulai dari niat dari diri sendiri, semangat yang mantap dan kerja keras yang tidak henti serta Do’a kepada Yang Maha Kuasa adalah salah satu tekat untuk menuju sekolah hijau yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar.

SMAN 1 Pangkalankerinci juga akan menerapkan ke sekolah pelosok desa apabila program ini benar-benar sudah menjadi program unggulan sekolah. Karena melakukan sosialisai lingkungan sangatlah penting bagi kita semua dalam memupuk rasa cinta terhadap bumi ini.


Sumber 

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls