Rabu, 28 Agustus 2013

7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia


7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia - Biologi , tak pernah lepas dari tokoh-tokoh yang berkecimpung di dalamnya, mengenai penemuannya, experimennya, teorinya, dan masih banyak lagi. Tak lain adalah :


1. Antony van Leeuwenhoek

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Antonie Philips van Leeuwenhoek (24 Oktober 1632 – 30 Agustus 1723) adalah ilmuwan Belanda yang berasal dari Delft. Ia disebut sebagai "Bapak Biologi", dan dianggap sebagai microbiolog pertama. Ia terlahir sebagai putra pembuat keranjang. Ia terkenal atas pengembangan mikroskop dan kontrobusinya terhadap didirikannya mikrobiologi. Ia adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel satu.


2. Carolus Linnaeus

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Carolus Linnaeus atau Carl (von) Linné (23 Mei 1907 – meninggal di Uppsala, 10 Januari 1778 pada umur 70 tahun) adalah seorang ilmuwan Swedia yang meletakkan dasar tatanama biologi. Ia dikenal sebagai "bapak taksonomi modern" dan juga merupakan salah satu bapak ekologi modern.

Linnaeus ialah ahl botani yang paling dihormati pada masanya, dan ia juga terkenal dengan kemampuan bahasanya. Selain menjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli dalam zoologi dan adalah seorang dokter.

Carolus Linnaeus lahir di Paroki Stenbrohult (sekarang termasuk wilayah administrasi Almhult), di bagian selatan Swedia. Ayahnya bernama Nils Ingemarsson Linnaeus dan ibunya bernama Christina Brodersonia. Pada tahun 1735 pula,Carolus Linnaeus menemukan sebuah sistem penamaan organisme/ makhluk hidup, sistem ini dikenal dengan nama Binominal Nomenclature. Setiap nama organisme terdiri dari dua nama dalam bahasa latin, karena bahasa latin atau yunani merupakan bahasa yang banyak dipakai di sekolah-sekolah atau lembaga akademik pada saat itu.



3. Gregor Mendel

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Gregor Johann Mendel (lahir di Hyncice (Heinzendorf bei Odrau), Kekaisaran Austria , 20 Juli 1822 – meninggal di Brno,Kekaisaran Austria-Hungaria , 6 Januari 1884 pada umur 61 tahun) disepakati sebagai Bapak Pendiri Genetika. Tinggal di Brno ( Jerman: Brunn), Austria, ia adalah seorang rahib Katolik yang juga mengajar di sekolah. Rasa ingin tahunya yang tinggi menuntun dia melakukan pekerjaan persilangan dan pemurnian tanaman ercis. Melalui percobaannya ini ia menyimpulkan sejumlah aturan ('hukum') mengenai pewarisan sifat yang dikenal dengan nama Hukum Pewarisan Mendel. 




4. Louis Pasteur

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

Louis Pasteur (lahir 27 Desember 1822 – meninggal 28 September 1895 pada umur 72 tahun) adalah ilmuwan kelahiran Perancis. Sebagai ilmuwan, ia berhasil menemukan cara mencegah pembusukan makanan hingga beberapa waktu lamanya dengan proses pemanasan yang biasa disebut pasteurisasi. Louis Pasteur memulai kariernya sebagai ahli fisika di sebuah sekolah lanjutan atas. Pada usia 26 tahun ia sudah menjadi profesor di Universitas Strasbourg, kemudian ia pindah ke Universitas Lille dan di sana pada tahun 1856 ia melakukan penemuan yang berarti sangat besar bagi bidang kedokteran. Penemuan awalnya adalah pasteurisasi yaitu mematikan bakteri yang ada di susu dengan pemanasan.

Pasteur juga membuat obat untuk pencegah penyakit antraks dan suntikan melawan penyakit anjing gila rabies. Pada waktu itu orang yang digigit oleh anjing gila akan menderita penyakit yang disebut hidrofobia. Suntikan rabies Pasteur tidak hanya mencegah tetapi juga mengobati penyakit tersebut. Pada hari ulang tahunnya yang ke 70 para dokter dan ilmuwan dari seluruh dunia berkunjung ke Paris untuk menghormatinya. Sejak tahun 1888 karya Pasteur dilanjutkan di Institut Pasteur di Paris. Kini institut itu mempunyai cabang di 60 negara. Makamnya terdapat di bawah Institut tersebut, jenazahnya dimasukkan ke dalam peti mati terbuat dari marmer dan granit.



5. Heinrich Anton de Bary

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia


Heinrich Anton de Bary adalah ahli bedah sekaligus ahli botani, mikrobiologi, mikolgi berbangsaan jerman. Ia terutama mempelajari sistematika dan fisiologi jamur.

de Bary melakukan penelitian siklus hidup jamur dan dianggap sebagai bapak mikologi Modern. Ia membuktikan bahwa jamur patogenik (penyebab penyakit) buka di hasilkan dari sel / sekresi tumbuhan yang terserang. Ia juga melakukan serangkaian pengamatan bermacam-macam jamur penyebab penyakit pada tumbuhan.


Selain itu, de Bary juga mempelajari pembentukan lumut kerak yang merupakan gabungan dari jamur dan alga. Ia juga yang mencetuskan pertama kalinya kata 'simbiosis' .



6. Robert Koch 


Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

adalah seorang ilmuan dari jerman yang merupakan pendir ilmu bakteorologi kedokteran modern. Ia berhasil mengisolasi beberapa bakteri penyebab penyakit, termasuk TBC, serta menemukan hewan2 pembawa penyakit berbahaya,...

Ia menjadi terkenal setelah menemukan bakteri antraks ( Bacillus anthracis ) pada tahun 1870-an. Ia memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi / kedokteran untukpenemuan bakteri TBC pada tahun 1905.


7. Edwart jenner 

Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

adalah seorang dokter yang menemukan vaksin unutk menyembuhkan cacar. Ia adalah tokoh yang meletakkkan dasar bagi Imunologi ( Ilmu tentang kekebalan tubuh ) Cacar merupakan penyebab kematian terbesar abad ke -18. Jenner mengamati bahwa antara pasiennya, yang selumnya terkena cacar ringan dari ternak,memiliki kekebalan yang lebih baik. Pada tahun 1796 ia memaparkan virus cacar ringan pada seorang anak, dan akhinya anak itu tidak terkena virus cacar kembali. Ia adalah penemu Vaksinasi dan ia pula yang memperkenalkan nama virus.

Nah, itulah 7 Tokoh Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls