Kamis, 19 September 2013

5 Suku Yang Di Pimpin Wanita Paling Terkenal Di Dunia

5 Suku Yang Di Pimpin Wanita Paling Terkenal Di Dunia


5 Suku Yang Di Pimpin Wanita Paling Terkenal Di Dunia - Saat kita melihat seorang pria menggendong bayi, mengganti popok atau berbagi jam merawat anak pasti terlihat sangat manis. Ini bukanlah hal yang biasa terjadi. Tidak semua pria mau ikut membantu dalam mengasuh hal yang sangat wanita ini. Apalagi secara kodrat wanita adalah ibu dan pria adalah ayah. Para pria harus menafkahi pengeluaran keluarga dan memastikan keluarganya berkecukupan.

Uniknya di beberapa negara malah ada suku yang kewajiban kepala keluarganya dipegang oleh wanita. Selain sebagai pemimpin, ada juga suku yang membebaskan wanita untuk berganti pasangan. Bahkan ada juga suku yang tidak menerima gen pria menjadi bagian dari suku mereka.

Penasaran dimana saja para wanita ini berkuasa? Ini dia lima negara yang suku di dalamnya menjadikan wanita adalah sosok yang berkuasa di atas segalanya.

1. Suku Musuo, China


Suku Musuo, China
  (c) natgeotv


Suku yang terletak di sekitar Danau Lugu, Cina ini merupakan suku yang memiliki tradisi unik akan kehidupan antara pria dan wanita. Suku ini juga disebut sebagai kerajaan wanita karena para pria tidak memiliki hak atas kekayaan dan juga sistem pemerintahan di sana. Para wanita tangguh di suku Musuo bahkan bebas memilih pria untuk tidur bersama.

Suku yang menganut budaya matriarchal terbesar saat ini juga tidak mengenal istilah menikah. Para wanita bebas memilih siapapun pria yang ia mau untuk menjadi pasangannya, dan bisa berganti kapanpun ia mau. Tidak ada istilah ayah ataupun suami di sana, semua anak dianggap sama. Budaya suku ini juga dijaga oleh pemerintahan sebagai daya tarik wisatawan.

Wah semoga budaya bebas suku ini tidak membuat para wanita suku musuo dilecehkan!

2. Suku Aka, Afrika Tengah


Suku Aka, Afrika Tengah
  (c) survivalinternational.org

Para ayah suku yang terletak di Republik Kongo Afrika Tengah ini juga disebut sebagai ayah terbaik di dunia. Hal ini ternyata karena para ayah di suku ini menghabiskan waktu mereka untuk bermain dan memastikan tumbuh kembang anak mereka. Wow, betap sabar dan cekatan para para ayah ini!.

Ibu-ibu suku Aka akan pergi bekerja sedangkan para ayah memasak makanan untuk keluarga. Bahkan ketika sang ibu tidak ada di dekat sang anak, lelaki suku Aka akan memberikan puting dada mereka kepada anaknya. Mereka melakukannya untuk memberikan sensasi menyusui sementara sambil menunggu istri mereka datang.

3. Alapine, Alabama


Alapine, Alabama
  (c) nytimes.com
Untuk yang satu ini cukup ekstrem nih! Mereka bahkan menolak kromosom pria atau gen keturunan laki-laki. Berawal di St Augustine, Florida dan mendapatkan sebutan perkumpulan lesbian. Karena mereka menikmati hidup dengan damai dan indah tanpa peran para pria.

Kini sisa perkumpulan ini masih bisa ditemukan di Alabama, yang disebut Alapine Village. Di sana sekitar 13 wanita hidup berdampingan dan memiliki tradisi unik untuk mereka nikmati dan tetap pertahankan.

4. Suku Sworn Virgins, Albania


Suku Sworn Virgins, Albania
 (c) nytimes.com

Salah satu suku yang menganut budaya matriarchal ini memiliki peraturan yang berbeda dengan suku Musuo di Cina. Suku Sworn Virgin memiliki cara yang berbeda dalam memilih kepala keluarga. Bila dalam suatu keluarga tidak ada anak laki-laki maka anak perempuan yang akan menjadi kepala keluarga.

Para wanita kepala keluarga ini akan disumpah untuk menjadi lelaki dan tidak boleh menikah. Mereka memotong rambut dan memakai pakaian para pria, bahkan mereka harus melatih nada berat suara agar tampak seperti lelaki. Wah, cukup memaksa juga ya!

5.Meghalaya, India


Meghalaya, India
  (c) bbc.co.uk

Suku Khasi di Meghalaya adalah suku yang menempatkan perempuan sebagai pusat masyarakatnya. Jika Anda berkunjung ke sana dan mampir ke rumah sakit bersalin maka Anda akan melihat perbedaan kelahiran bayi perempuan dan bayi laki-laki. Jika yang lahir adalah bayi laki-laki, Anda akan mendengar keluarga itu berkata seperti: “Oh, oke, tak apalah”. Tapi jika yang lahir anak perempuan maka ada sukacita dan tepuk tangan.’

Menurut tradisi Khasi, putri bungsu mewarisi semua harta leluhurnya. Ketika menikah para pria di sana diharapkan untuk pindah ke rumah istri mereka setelah menikah. Anak-anak juga harus menggunakan nama keluarga ibunya. Jika ada keluarga yang tidak memiliki anak perempuan maka mereka harus segera mengadopsi anak perempuan. Hal ini dikarenakan mereka tidak bisa meninggalkan warisan untuk anak-anak lelaki mereka.

Nah, itulah 5 Suku Yang Di Pimpin Wanita Paling Terkenal Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Sumber : vemale.com

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls