Minggu, 29 April 2012

Ayam Betina Dapat Memilih Sperma

Ayam Betina Dapat Memilih Sperma



INILAH.COM, Jakarta - Ayam betina liar sangat selektif memilih ayah bagi anak-anaknya, yakni dengan cara menyortir sperma.

Ahli zoologi Universitas Oxford menemukan, ayam betina liar, setelah kawin, bisa mengeluarkan kembali sperma pejantannya dengan cara paksa. Ini mereka lakukan untuk mengurangi kemungkinan pembuahan. Dengan cara itulah, si ayam bisa memilih induk jantan bagi anak-anaknya.

Diberitakan Wired, Rebecca Dean, dari Oxford University Department of Zoology mengatakan, rata-rata 80% hasil ejakulasinya dibuang lagi. Sebagian besar sperma yang masuk berisiko gagal dibuahi, karena si ayam dapat memilah sperma mana yang boleh membuahitelurnya.

Aya m betina tidak memperlakukan pejantannya dengan cara sama. Jadi walaupun si betina sudah pernah kawin dengan seekor ayam jantan, ia bisa kawin lagi dengan ayam jantan ke dua dan ketiga, tapi yang kedua dan ketiga itu tidak dibuahi.

Sperma pejantan yang inferior tidak mendapat proritas untuk dibuahi, sebaliknya, betina lebih memilih sperma pejantan yang dominan.
Ini Heboh

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls