Minggu, 29 April 2012

Bodoh, Pria Swedia Uji Coba Nuklir di Dapur Rumah

Bodoh, Pria Swedia Uji Coba Nuklir di Dapur Rumah



INILAH.COM, Jakarta - Pria ini ditangkap setelah iseng-iseng membelah sesuatu di dapurnya. Ia bukan membelah apel, melainkan atom.

Richard Handl, 31, asal Swedia melakukan uji coba fisi atom di dapur apartemennya di Swedia selatan. Di ruangan itu, ia memiliki elemen radioaktif seperti radium, americium, dan uranium.

Selama berbulan-bulan, pria ini menyiapkan reaktor nuklir di rumahnya. Bahkan ia mengumumkan eksperimennya itu di blog, dan menjelaskan cara uji coba dengan kompor. Seolah-olah semudah membelah apel, agaknya ia tak mengetahui risiko bahayanya.

Ia mengira itu boleh dilakukan, dan bahkan ia mengirim pertanyaan ke Lembaga Pusat Radiasi Swedia. Ia tak tahu pembelahan atau penggabungan inti atom, bisa menimbulkan reaksi yang menghasilkan energi sangat besar dan radiasi yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Pertanyaan yang ia kirim, dijawab dengan kedatangan polisi Swedia di apartemennya itu. Mereka menangkapnya dengan tuntutan pemilikan material nuklir ilegal. Handl mengaku melakukan uji coba itu sebagai sekadar hobi.

"Saya selalu tertarik pada ilmu fisika dan kimia," ujar Handl, seperti dikutip dari news.com.

Ia bilang ia hanya ingin membuktikan bahwa pembelahan atom bisa dilakukan di rumah.


langganan artikel