Selasa, 17 April 2012

Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di China


BEIJING - Ahli Paleontologi asal China mengumumkan mereka telah menemukan fosil dinosaurus terbesar yang ditemukan di wilayah barat laut Xinjiang, China.

Dilansir Xinhuanet, Senin (16/4/2012), fosil ini menunjukkan dinosaurus berjenis pemakan tumbuhan atau herbivora dengan panjang 35 meter serta berat sekira 30 ton. Kepala tim ekspedisi dan Deputy Executive Director of China Research Society of Paleontology, Sun Ge mengatakan dalam konferensi pers di Shanshan County bahwa fosil itu ditemukan dalam strata Middle Jurassic Period yaitu sekira 165 juta tahun lalu.

Temuan ini menjadikan rekor terungkapnya dinosaurus terpanjang yang pernah ditemukan di negara yang terkenal dengan The Great Wall tersebut. Sebelumnya, fosil dinosaurus terpanjang pernah ditemukan dengan panjang 30 meter.

Sun mengatakan, tim ekspedisi akan terus melanjutkan penggalian fosil dan berharap mendapatkan kerangka dinosaurus yang lengkap. Tidak hanya itu, anggota tim juga menggali fosil gigi yang ternyata milik hewan purbakala bernama Carnosaur yang letaknya tidak jauh dari fosil dinosaurus herbivora tersebut.

"Kami berharap penggalian ini akan memantu mengungkap lebih banyak bukti yang menunjukkan apa yang menyebabkan terjadinya kematian makhluk raksasa ini," ujar Sun Ge.

Tim ekspedisi terdiri dari para ahli dari Jilin University, Shenyang Normal University dan Xinjiang Geological Survey Institute. Mereka memulai ekspedisi di wilayah Shanshan sejak Oktober tahun lalu.
sumber okezone.com

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls