Selasa, 18 Juni 2013

Riset: Ditemukan, Bagian Baru di Mata Manusia


Tim peneliti asal University of Nottingham, Inggris, telah menemukan bagian baru di dalam tubuh manusia, tepatnya tersembunyi di dalam mata. Bentuk bagian itu itu adalah sebuah lapisan yang terletak jauh di dalam kornea mata. Tebalnya hanya 0,01 milimeter.

Menurut para ahli, seperti dikutip harian Daily Mail, riset ini bisa memicu penulisan ulang atas buku-buku ilmiah yang menjelaskan bagian mata. Bagian yang baru ditemukan itu diberi nama "Lapisan Dua," yaitu mengikuti nama belakang ketua tim peneliti, Profesor Haminder Dua.

Lapisan Dua diyakini bisa menjelaskan seluk-beluk penyakit mata. Penyakit itu sampai sekarang belum diketahui dari mana asalnya.

Menurut Dua, peneliti University of Nottingham, lapisan yang mereka temukan adalah penemuan besar dalam dunia Oftalmologi yang menjelaskan tentang anatomi, fisiologi, dan penyakit mata. "Kini saatnya menulis ulang buku-buku tentang Oftalmologi," kata Dua.

Setelah mengidentifikasi lapisan baru itu, para peneliti dapat meriset lebih dalam demi menemukan cara operasi mata yang lebih aman. Dari perspektif klinis, ada banyak penyakit yang berasal dari bagian belakang kornea. Sekarang, dokter-dokter di dunia sudah dapat meminimalisir kesalahan operasi setelah mengetahui adanya lapisan Dua.

Sebelumnya, para ahli mata hanya mengetahui lima bagian yang terletak di belakang kornea. Mereka adalah epithelium, lapisan bowman, stroma, membran descemet, dan endothelium. "Lapisan Dua terletak di antara stroma dan membran descemet," ungkap Dua.

Para ahli mengatakan, penemuan terbaru ini akan berdampak pada kemajuan pemahaman dari sejumlah gangguan kornea.



Sumber : http://riaudaily.com/berita/detail/1306/2013/06/18/riset:-ditemukan,-bagian-baru-di-mata-manusia#.UcDaF-e-pQs

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls