Kamis, 01 Maret 2012

Ponsel Bisa Di Charge Dengan Suara

Ilmuwan Sungkyunkwan University, Seoul, Korea Selatan, yang bernama Dr. Sang-Woo Kim telah meneliti dan saat ini telah mengembangkan teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna ponsel mengisi ulang baterai ponselnya hanya dengan menggunakan kekuatan suara. Teknologi terbaru ini bisa memanfaatkan energi berlebih dari suara yang dihasilkan seseorang ketika berbicara di ponsel mereka. Dan suara yang mereka keluarkan ketika berbicara dengan orang yang mereka hubungi tersebut secara otomatis akan mengisi baterai ponsel yang mereka gunakan.

Kita sering mengabaikan suara yang selalu hadir dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari yang merupakan salah satu sumber energi. Ini pula yang memotivasi si peneliti ingin menghasilkan sebuah sumber daya dengan mengubah energi suara dari pembicaraan seseorang, musik ataupun suara-suara disekitar menjadi energi listrik.
IEnergi suara bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk memungkinkan ponsel untuk dicharge di tengah percakapan serta menerima suara dari kendaraan yang berjalan dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Berdasarkan penelitian, campuran zinc oxide di antara dua elektroda mampu menghasilkan energi ketika digetarkan oleh suara-suara sekitar. Penelitian ini mampu mengubah suara lalulintas yang bising menjadi energi listrik sebesar 50 milivolt.

dengan kata lain,konsep dari Dr. Kim ternyata bisa dibuktikan. Kini, penelitinya harus melakukan sejumlah upgrade untuk mengkomersilkan produk ini. Karena saat ini, target penelitian lanjutan adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak listrik dari energi suara yang lebih kecil.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls