Kamis, 06 Desember 2012

12-12-12, Asteroid Berenergi Ledak 84 kali bom Hiroshima Mendekati Bumi

AnehCuy - Saat ini kalian sedang membaca artikel 12-12-12, Asteroid Berenergi Ledak 84 kali bom Hiroshima Mendekati Bumi . Dsini Admin juga akan berbagi artikel lain seperti tentang Foto Foto Artis Terbaru,Foto Penampakan Hantu, Berita Dalam Negeri Dan Luar Negeri Terbaru Hari Ini, Gosip Artis Terbaru Hari Ini, Kisah-Kisah Religi, Sejarah , Misteri-Misteri Yang Ada Di Dunia,Kisah Berita Atau Artikel Tentang Unik Dan Aneh Yang Ada Di Dunia Tentang Alien,UFO Dan Alam Semesta, Berita Sepak Bola Hari Ini dll dan selamat membaca artikel 12-12-12, Asteroid Berenergi Ledak 84 kali bom Hiroshima Mendekati Bumi


Tanggal 12 Desember 2012 diperkirakan akan banyak fenomena langka alam semesta, salah satunya asteroid Toutatis yang mendekati bumi. Energi ledakan asteroid itu 84 kali bom Hiroshima. Seperti apa bentuk asteroid ini?

Tentu menyenangkan terlebih bagi Anda yang hobi browsing. Info menarik terbaru seperti yang satu ini tentu tak ingin dilewatkan. Minggu depan, tepatnya pada Rabu (12/12/2012), asteroid tersebut akan melintas di titik terdekat dari Bumi. Sebelumnya astronom telah menemukan asteroid ini pada 1934.

Memiliki ukuran 4,3 x 2,6 km dan massa 50 miliar ton, benda luar agnkasa ini sulit diamati bila hanya dengan mata telanjang.

"Pada 2012 ini perlintasan-dekat Toutatis akan terjadi pada 12 Desember 2012 pukul 13.40 WIB mendatang sejauh 'hanya' 6,95 juta km atau 'hanya' 18 kali lebih jauh dibanding Bulan," kata astronom amatir Ma'rufin Sudibyo lewat Facebook, Selasa (4/12).

Ia menilai bahwa Samudra Pasifik akan menjadi titik terdekat bumi dengan asteroid tersebut. Wujudnya nanti sebagai bintik cahaya yang sangat redup, bermagnitud +8. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit; semakin negatif, semakin terang.

Asteroid itu pun dijelaskan tidak akan menabrak bumi apalagi menimbulkan kerugian bagi manusia. Tetapi bila asteroid ini jatuh di tanah maka energinya mencapai 84 kali bom Hiroshima.

"Asteroid bakal mengoyak titik tumbuknya menjadi kawah selebar 39 km dengan akumulasi panas mampu membakar obyek sejauh 700 km. Sementara itu, gelombang kejutnya mampu memorak-porandakan kawasan seluas 5,6 juta km persegi tanpa ampun," ujar Ma'rufin.

"Jika Toutatis jatuh di lautan, terbentuk megatsunami yang demikian masif sehingga pada jarak 10.000 km dari titik tumbuknya, gelombangnya masih setinggi 36 meter (periode 260 detik) yang menjalar secepat 200 km/jam," sambungnya.

Belakangan ini memang ada beberapa benda langit yang melintas di bumi dan menampakkan keindahannya. Semoga saja asteroid Toutatis juga hanya melintah sebagai keindahan yang diamati, bukan bencana.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls