Kamis, 06 Desember 2012

Kenapa Seekor Ikan Arwana Bisa Seharga Rp 198 Juta?

AnehCuy - Saat ini kalian sedang membaca artikel Kenapa Seekor Ikan Arwana Bisa Seharga Rp 198 Juta? . Dsini Admin juga akan berbagi artikel lain seperti tentang Foto Foto Artis Terbaru,Foto Penampakan Hantu, Berita Dalam Negeri Dan Luar Negeri Terbaru Hari Ini, Gosip Artis Terbaru Hari Ini, Kisah-Kisah Religi, Sejarah , Misteri-Misteri Yang Ada Di Dunia,Kisah Berita Atau Artikel Tentang Unik Dan Aneh Yang Ada Di Dunia Tentang Alien,UFO Dan Alam Semesta, Berita Sepak Bola Hari Ini dll dan selamat membaca artikel Kenapa Seekor Ikan Arwana Bisa Seharga Rp 198 Juta?


Sebagian orang percaya bahwa memelihara ikan akan mendatangkan rezeki. Apalagi, jika memelihara ikan berbadan panjang dengan sirip dan ekor yang mengembang.

Ia adalah Arwana. Idola ikan air tawar yang populer di antara ikan lainnya. Banyak orang yang memuji keindahan arwana. Tak heran, harga yang ditawarkan pun selangit.

Apa yang membuat harga arwana tinggi? Berikut jawaban Jhony, salah satu pemilik Aro Idol, sebuah pet shop yang menyediakan arwana, serta sering mengikuti kontes arwana. "Memelihara arwana itu rumit, yang perlu diperhatikan itu air dan lampu," ujar Jhony.

Menurut Jhony, air dan lampu memengaruhi kelangsungan hidup arwana. Air harus bersih. Jika kotor, air harus segera diganti, apalagi jika arwana di-tanning agar menjadi merah.

Jika menggunakan air sumur atau PAM, air sebaiknya difilter untuk menghasilkan air yang bagus. Sebaliknya, air gunung tak perlu disaring.

Arwana merah menjadi daya pikat dan diyakini mendatangkan kemakmuran. Untuk menjadi merah dibutuhkan waktu 1- 1,5 tahun. Arwana white base (dasar putih) lebih mudah di-tanning.

Arwana emas susah di-tanning merah, tapi jika berhasil tanning, warna merah akan terlihat bagus. Sedangkan dark base (dasar gelap) susah di-tanning, jika salah cara pengerjaannya, arwana terlihat gosong.

"Lampu yang digunakan NAN atau LED untuk viewing, dan bohlam jenis 827 atau 840 untuk tanning, karena mengandung ultraviolet," jelas Jhony.

Lalu, bagaimana memilih arwana kualitas nomor satu? Jhony menuturkan, arwana yang berkualitas dan dapat dilombakan, bisa dilihat dari bentuk anatomi (mulut sejajar, pandangan mata lurus), sirip dan ekor mengembang, dayung panjang turun, ekor panjang dan menutup, serta keaktifan berenang.

"Kalau arwana diam di pojokan, itu artinya dia stres, mungkin bisa karena air atau dipindahkan ke akuarium," terang Jhony.

Arwana, lanjut Jhony, perlu beradaptasi lama jika dipindahkan ke tempat lain. Karena, sifatnya ikan teritorial yang hanya menempati satu tempat.

Arwana perlu adaptasi sekitar dua minggu. Bahkan untuk mengganti air akuarium pun, arwana tak perlu dipindahkan ke kolam atau akuarium kecil, dengan harapan menghindari stres.

"Arwana kawin harus di kolam tanah. Setahun panen dua kali, sekali keluar 30 ekor anakan, tapi ada yang enggak bisa bertahan lama," paparnya.

Tak heran jika harga arwana selangit, karena kerumitan perawatannya. Di Aro Idol, arwana jenis super red dijual seharga Rp 10 juta (ukuran kecil untuk silver albino), Rp 35 juta untuk super red dengan nama Oppa Gangnam dan 50 Cent, dan platinum dibanderol Rp 198 juta. "Kami ada arwana yang harganya Rp 1 miliar super red, tapi hari ini tidak kami bawa," ucap Jhony.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls