Selasa, 21 Januari 2014

Ini Dia Pewaris Tahta Kerajaan Bisnis Bir Tertua AS

Ini Dia Pewaris Tahta Kerajaan Bisnis Bir Tertua AS

TRIBUNNEWS.COM - Kehidupan Richard L. Yuengling ibarat pepatah buah jatuh tak jauh dari pohon. Takdir hidup Richard seakan sudah digariskan oleh keluarganya.

Maklum, Richard adalah putra dari Frederick Yuengling sekaligus cucu David Yuengling. Garis keluarga Yuengling identik dengan perusahaan bir tersohor di Amerika Serikat (AS).

Yuengling merupakan pendiri DG Yuengling & Son yang berdiri pada tahun 1829 silam. DG Yuengling & Son merupakan perusahaan bir tertua di AS. Bagi Dick -sapaan akrab Richard- harta melimpah sudah mengelilingi saat dia lahir. Sebagai generasi kelima dari DG Yuengling & Son, Dick kini menjadi pewaris kerajaan bisnis bir DG Yuengling & Son.

Namun, bukan berarti Dick tinggal berpangku tangan. Dick harus bekerja keras mempertahankan bisnis DG Yuengling & Son tetap berkibar. Maklum, persaingan di industri bir AS sangat ketat. Dick bergabung pada perusahaan nenek moyangnya pada tahun 1963. Kala it u, sang ayah, Frederick Yuengling, meninggal dunia.

Isi surat wasiat Frederick adalah, kedua anaknya yakni Dick dan F. Dohrman Yuengling meneruskan perjalanan bisnis keluarga. Ini bukan pekerjaan mudah. Kala itu, sejumlah produsen bir lain semisal Budweiser, Coors and Millerm, mulai menenggelamkan popularitas Lager, bir pabrikan Yuengling. Saat Dick remaja, pekerja pabrik Yuengling bahkan meyakini pabrik bakal tutup buku.

Prediksi pasar bahwa riwayat DG Yuengling & Son bakal kiamat meleset total. Saat ini, bir DG Yuengling & Son malah tetap populer di kalangan pecinta bir AS. “Orang tetap menyukai produk kami karena rasa bir kami original dan berkarakter," ujar Dick kepada Bloomberg. Saat ini, DG Yuengling & Son mampu menjual lebih dari 2,5 juta barel bir per tahun.

Pendapatan DG Yuengling & Son pun mendaki menjadi penjualan sebesar 400 juta dolar AS. Dick boleh jadi berbangga diri karena penjualan bir naik terus naik setiap tahun. Sebab, penjualan bir hanya mencapai 6 juta dolar AS pada tahun 1985, ketika perusahaan diambil alih oleh Dick untuk pertama kali.

Saat menjabat sebagai Presiden Direktur DG Yuengling & Son, Dick melakukan sejumlah perubahan. Misalnya, ia mengubah identitas bir miliknya menjadi merek regional. Dick membuat kemasan baru, iklan dan memperbanyak jaringan distributor.

David A. Casinelli, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran DG Yuengling & Son mengatakan, pihaknya terus meningkatkan belanja iklan. Tujuan utama adalah mempertahankan keunggulan bir Lager di pasar regional.

Produksi bir DG Yuengling & Son juga terus meningkat secara signifikan. Produksi meningkat dari 127.000 barel pada tahun 1989 menjadi lebih dari 360.000 barel pada tahun 1996. Selain memperkuat produk, Dick juga handal mengelola keuangan. DG Yuengling & Son merupakan perusahaan bir yang memiliki margin 30 persen dari pendapatan.

Margin DG Yuengling & Son ini tiga kali lipat d ari kompetitor. Salah satu faktor yang Dick lakukan adalah menjual bir hanya di 14 negara bagian di AS agar hemat ongkos distribusi. Dick menyatakan, ada tiga rahasia sukses. Pertama, agresif, jaringan distribusi yang kuat, dan mempertahankan kualitas produk.

Prestasi Dick membangkitkan nama besar bir DG Yuengling & Son alhasil meningkatkan pundi-pundi kekayaannya. Forbes mencatat, Dick memiliki kekayaan sebesar 1,4 miliar dolar AS pada September 2013. Pria berusia 70 tahun ini pendatang baru di deretan orang terkaya atau berada di peringkat ke 359 di AS.(Dessy Rosalina)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
Tribunnews.com - Internasional

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls