Rabu, 11 Juni 2014

7 Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

7 Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara - Pernah mendengar istilah dark tourism? Istilah ini mulai populer beberapa tahun belakangan. Dark tourism adalah pariwisata dengan konsep tak biasa, umumnya bertema mistis, berhubungan dengan aktivitas paranormal, atau sejarah yang diwarnai kekejaman.

Situs-situs bersejarah yang menjadi saksi bisu kekejaman manusia pada zaman perang seperti Kamp Konsentrasi Auschwitz di Jerman dan Tuol Sleng di Kamboja merupakan dua di antara tempat-tempat yang populer untuk dark tourism.Selain itu tempat-tempat yang dikenal berhantu juga populer untuk wisata bertema horor, terutama bagi para pecinta misteri.

Di kawasan Asia Tenggara banyak ditemui tempat-tempat dengan reputasi menyeramkan yang layak dijadikan tempat wisata bagi para pecinta misteri. Hampir setiap negara yang tergabung dalam wilayah Asia Tenggara memiliki tempat-tempat yang ditengarai berhantu.

Berikut ini kami sajikan 7 di antaranya yang dirangkum dari berbagai sumber. Mulai dari Indonesia, Singapura, Filipina, hingga Laos. Semuanya memiliki latar belakang yang bisa membuat Anda bergidik.


1.Baguio, Filipina

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara


Baguio adalah sebuah kota di Filipina yang memiliki rentetan sejarah tragis. Menurut Aseantourism.travel, kota ini pernah dibom oleh pasukan sekutu pada Perang Dunia II. Kemudian pada tahun 1990 kota ini kembali dilanda bencana. Gempa bumi dahsyat menerjang kota tersebut dan merenggut 1.600 korban jiwa. Kerena dua kejadian tersebut penduduk setempat percaya kalau Baguio dihuni arwah-arwah penasaran.

Ada banyak tempat di Baguio yang ditengarai berhantu. Salah satunya Baguio Cathedral yang konon dihuni oleh hantu para biarawati dan jemaat yang terjebak di dalam gereja saat peristiwa pemboman terjadi. Laperal White House juga diyakini berhantu.

Konon rumah tua itu dihantui oleh keluarga yang dibantai oleh tentara pada masa perang. Sejumlah saksi mata mengaku mendengar suara langkah kaki dan rintihan seram setiap kali melewati rumah itu. Ada juga yang mengaku menyaksikan hantu anak perempuan kecil di pintu depan.

Tetapi bangunan angker yang paling terkenal di Baguio adalah The Diplomat Hotel. Menurut Filipiknow.net, bangunan ini merupakan tempat favorit para pecinta misteri untuk berburu hantu. Sejumlah saksi mengaku sering melihat penampakan hantu pendeta tanpa kepala dan suara tangisan bayi di sekitar bangunan Diplomat Hotel.

Menurut rumor yang beredar, hotel ini sempat dijadikan tempat pembantaian oleh para tentara Jepang pada Perang Dunia II. Sejumlah pendeta dibunuh di dalam hotel. Sementara bayi dan anak-anak pun tak luput dari pembantaian. Konon mereka dibantai di dekat air mancur yang ada di kawasan hotel.


2.Pulau Ko Lipe, Thailand

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Ko Lipe adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Adang-Rawi, Provinsi Satun , Thailand. Ko Lipe merupakan objek wisata yang populer untuk olah raga snorkeling dan scuba diving. Pulau yang dikelilingi perairan Laut Andaman ini menurut Wikipedia dihuni oleh suku Chao Le, suku pengembara asal Malaysia yang dikenal sebagai gipsy laut.

Suku Chao-Le menganut kepercayaan animisme. Mereka percaya kalau Pulau Ko Lipe dipenuhi oleh sekumpulan roh yang mereka sebut ha-too. Ha-too adalah roh yang kasar dan suka menjahili manusia. Karena itu tak jarang wisatawan yang mengalami kejadian aneh saat berkunjung ke pulau ini.

Beberapa turis mengaku merasakan keberadaan makhluk lain di Ko Lipe. Jika sudah begitu biasanya penduduk setempat menyarankan mereka memberikan sesaji berupa makanan, agar roh-roh usil tersebut tidak mengganggu mereka lagi.


3.Penjara Pudu Jail, Malaysia

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Pudu Jail dulunya adalah lokasi penjara militer yang sangat terkenal karena reputasi seramnya. Penjara itu didirikan di atas tanah bekas pemakaman etnis Tionghoa. Pudu Jail dibuka pada tahun 1895. Ketika penjara Pudu Jail baru beroperasi, penjara itu diserang wabah kolera.Akibatnya banyak narapidana yang meninggal.

Selain itu beredar selentingan mengenai hukuman kejam yang diberikan oleh para pengurus Pudu Jail, antara lain pemukulan dengan tongkat hingga pembunuhan dengan cara digantung. Rumor ini berkembang di tengah masyarakat hingga puluhan tahun. Dan penduduk setempat mulai sering mengalami kejadian aneh yang mereka percayai sebagai ulah hantu-hantu para narapidana di Pudu Jail.

Penjara dengan reputasi menyeramkan tersebut sudah berhenti beroperasi pada tahun 2010. Sejak ditutupnya penjara Pudu Jail, tempat ini sering dikunjungi olehg orang-orang yang penasaran dengan cerita hantu di sana. Bahkan beberapa kali acara TV bertema paranormal di Malaysia meliput Pudu Jail.

Sejumlah saksi mengaku kalau mereka melihat arwah yang menampakkan diri di koridor-koridor. Kadang terdengar teriakan kesakitan dari sel penjara yang sudah lama kosong. Tak jarang mereka melihat sebentuk mata yang menatap dengan pandangan marah dari jendela sel-sel yang tertutup.


4.Plain of Jars, Laos

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Plain of Jars yang berarti dataran guci atau kendi adalah situs prasejarah misterius di Laos. Situs yang terletak di Dataran Xieng Khouang ini dipenuhi ribuan guci batu dalam berbagai ukuran yang setengah tertimbun dalam tanah.

Setidaknya ada 90 lokasi di Xieng Khouang yang dipenuhi guci batu seperti ini. Setiap lokasi biasanya memuat 1 sampai 400 guci. Sampai saat ini belum berhasil diketahui apa kegunaan guci tersebut. 

Dataran Plain of Jars pernah menjadi medan pertempuran ketika berlangsungnya Perang Indochina. Tempat itu pernah dibom berkali-kali. Tetapi anehnya guci-guci batu di Plain of Jars tak ada yang rusak. Banyak yang percaya kalau situs itu dilindungi oleh pasukan jin.

Menurut warga setempat seperti dikutip Ezine Articles, situs-situs di Plain of Jars dipenuhi aura misterius, membuat orang-orang enggan untuk berada di dekat lokasi. Selain itu sering terdengar suara-suara aneh begitu malam tiba.


5.Tuol Sleng, Kamboja

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Tuol Sleng yang menurut Wikipedia berarti bukit pohon beracun adalah bangunan bersejarah di Phnom Penh yang menjadi saksi kekejaman pemerintahan Khmer Merah pada tahun 1975-1979. Pada mulanya tempat ini merupakan sekolah, sebelum akhirnya dialihfungsikan oleh Jendral Pol Pot menjadi Penjara Keamanan 21 (S-21).

Kurang lebih dua puluh ribu nyawa penduduk Kamboja terenggut di penjara merangkap pusat interogasi ini. Sekarang tempat itu dipelihara untuk menjadi peringatan dan tujuan wisata. 

Ditulis Listverse, arwah penasaran para korban kekejaman pasukan Khmer Merah yang tewas di Tuol Sleng menghantui bangunan itu. Banyak kejadian aneh yang dialami oleh para pengurus dan pengunjung Tuol Sleng. Banyak yang mengaku melihat penampakan hantu di ruang-ruang interogasi yang sampai kini masih dilengkapi alat-alat penyiksaan.


6.Lawang Sewu, Indonesia

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Semarang. Gedung yang letaknya berseberangan dengan Tugu Muda Semarang ini dulunya adalah kantor perusahaan kereta api pada zaman penjajahan Belanda.

Gedung tua ini sempat diduduki oleh pasukan Jepang pada Perang Dunia II. Menurut Wikipedia, di sana pernah terjadi pertempuran antara para anggota Angkatan Muda Kereta Api dan pasukan militer Jepang, yaitu Kenpetai dan Kidobutai. 

Penduduk setempat menyebut gedung bersejarah ini Lawang Sewu yang berarti seribu pintu karena jumlah pintu di sana yang sangat banyak, meskipun faktanya pintu yang ada di gedung tidak sampai seribu. Gedung ini dilengkapi dengan ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai sistem pendinginan.

Lorong dan ruangan di area bawah tanah tersebut selalu lembap. Di sana tersimpan cadangan-cadangan air yang berfungsi untuk menjaga suhu bangunan di atasnya agar selalu sejuk. Konon pada masa Perang Dunia II ruang-ruang bawah tanah itu dijadikan tempat penahanan dan interogasi oleh tentara Jepang.

Cadangan-cadangan air Lawang Sewu dijadikan sarana penyiksaan dengan cara membenamkan kepala para tahanan ke dalam air selama beberapa waktu. Sedangkan ruangan-ruangan kosong di sekitarnya dijadikan penjara berdiri. Disebut demikian karena para tahanan dikurung berdesakan dalam ruangan yang lantainya dipenuhi air, sehingga mereka hanya bisa berdiri.

Lawang Sewu dikenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di Indonesia. Saking terkenalnya, tempat ini sering dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk sejumlah reality show yang bertema paranormal. Bahkan ada beberapa film horor Indonesia yang menjadikan Lawang Sewu sebagai setting.


7.Changi Hospital, Singapura

Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara

Rumah sakit ini didirikan pada tahun 1935 di daerah Changi, Singapura. Percaya atau tidak, Changi Hospital dikenal sebagai salah satu tempat paling berhantu di Singapura. Bangunan rumah sakit ini sempat dijadikan rumah sakit militer dan kemudian difungsikan sebagai penjara darurat oleh pasukan Jepang pada Perang Dunia II.

Pada masa itu diperkirakan bangunan Changi Hospital digunakan sebagai lokasi penyiksaan para tahanan yang sebagian besar adalah prajurit China dan Masyarakat setempat mengaku sering melihat penampakan hantu yang kemungkinan merupakan korban dari kekejaman tentara Jepang.

Sejak ditutup pada tahun 1997, bangunan ini terus dikenal sebagai rumah hantu. Sering terdengar suara berisik dari ruangan-ruangan yang kini sudah tak berpenghuni. Bahkan tak sedikit pengunjung yang penasaran dengan cerita hantu di Changi Hospital mengalami mual dan muntah saat memasuki kamar-kamar tertentu. Berkat reputasinya sebagai bangunan berhantu tempat ini sering muncul dalam berbagai reality show bertema mistis di Singapura. 


Nah, Itulah 7 Tempat Paling Seram Di Kawasan Asia Tenggara.


Sumber ; merdeka.com

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls