Sabtu, 21 April 2012

Nama Jalan RA.Kartini di Negeri Belanda



Hari ini, 21 April, setiap tahunnya masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kartini. Khususnya kaum wanita, tentu hari ini memberi makna lebih sebagai ungkapan rasa terima kasih atas perjuangan paham emansipasi oleh RA. Kartini.

Ia dikenal dengan gagasan- gagasannya untuk kemajuan kaum perempuan di Indonesia yang kala itu hanya hanya sedikit atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan ruang gerak, terutama dalam hal memperoleh pendidikan yang lebih.
Dahulu, sosok Kartini sangat dikenal di kalangan elit politik Belanda. Wanita berdarah Jawa ini juga pernah diminta oleh parlemen Belanda untuk menulis artikel mengenai perempuan. Salah satu kumpulan surat Kartini yang sangat terkenal adalah Door Duisternis tot Licht, yang kemudian diterjemahkan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.
Hingga sekarang nama Kartini masih akrab di negeri Belanda, bahkan pemerintah Belanda juga mengabadikannya sebagai nama jalan di beberapa tempat. Misalnya:
Amsterdam- Di ibukota Belanda ini, nama  Kartini dijadikan nama sebuah jalan di wilayah Amsterdam Zuidoost, kawasan ini lebih dikenal dengan nama Bijlmer. Pada papan nama penunjuk jalan nama Kartini ditulis secara lengkap "Raden Adjeng Kartinistraat". Selain Kartini, beberapa tokoh wanita dunia juga dijadikan sebagai nama jalan, seperti Nilda Pinto dan Rosa Luxemburg.
Utrecht – Di bagian kota yang merupakan komplek perumahan masyarakat menengah ini juga berdiri papan nama jalan yang bertuliskan R.A. Kartinistraat. Sepertinya kawasan tenang ini nama ini sangat pas dikenal sebagai jalan Kartini, sesuai dengan sosok Kartini yang tenang, mengayomi dan lembut.
Haarlem- Kawasan lain yang juga menggunakan nama tokoh pejuang hak asasi wanita ini adalah Haarlem. Entah apa yang menjadikan daerah ini seolah sangat dekat dengan Indonesia. Selain jalan RA Kartini, di sini juga terdapat nama jalan Mohammed Hatta, Jalan Sutan Sjahrir, dan tokoh Indonesia lainnya.
Venlo- Venlo terletak di Belanda bagian Selatan. Di sana nama besar wanita kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini menjadi nama jalan di daerah Hagerhof. Ruas RA Kartinistraat sendiri berbentuk O.


0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls