Minggu, 06 April 2014

5 Fenomena Alam Yang Memiliki Warna Seperti Pelangi

5 Fenomena Alam Yang Memiliki Warna Seperti Pelangi - Sudah pernah mendengar tentang Dataran Zhangye Danxia di China? Gunung tersebut sempat mengundang decak kagum para pengguna internet karena pola warna bukit dan lebahnya yang seperti garis pelangi. Ternyata fenomena alam seperti itu tidak hanya ada satu, lho. Di berbagai belahan dunia lain ada juga fenomena serupa yang tak kalah indahnya. 

Semuanya terbentuk secara natural karena kondisi alam, entah itu disebabkan karena plankton, mineral, atau, kadar garam yang tinggi. Ada Lembah Jiuzhaigou dengan danaunya yang berwarna-warni di China, Tanah Tujuh Warna di Mauritius, Sungai Cano Cristales di Colombia dan Mata Air Panas Grand Prismatic di Amerika Serikat. Semuanya memiliki warna-warni yang cantik seperti pelangi.

Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Berikut ini kami sajikan untuk Anda 5 Fenomena Alam Yang Memiliki Warna Seperti Pelangi yang kami rangkum dari berbagai sumber.


1.Tanah Tujuh Warna Chamarel, Mauritius

Pasir Tujuh Warna



Tanah Tujuh Warna atau dalam bahasa Prancis Terres des Sept Couleurs in French adalah suatu formasi geologis sekaligus objek wosata yang bisa ditemui di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius.

Wilayah ini tersusun dari bukit pasir yang tidak terlalu luas. Tetapi yang menjadikan bukit tersebut istimewa adalah pasirnya yang terdiri dari tujuh warna. Jika dilihat secara keseluruhan, bukit ini tampak seperti lukisan bergaya surealisme dengan lapisan warana merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning. 

Menurut Wikipedia, warna-warna pelangi tersebut terbentuk dari kandungan mineral dan aluminium di dalam pasir. Uniknya, kalau Anda mengambil segenggam pasir di bukit ini dan mencampurnya, pasir-pasir tersebut akan memisahkan diri sesuai dengan warnanya, seolah-olah membentuk spektrum warna pelangi. Yang lebih aneh lagi, pasir-pasir di bukit ini tidak pernah mengalami erosi meskipun tertimpa hujan dan angin selama bertahun-tahun.baca selengkapnya pasir unik dengan tujuh warna


2.Danau Wuhua, Lembah Jiuzhaigou, China

Danau Wuhua


Dilansir di Hujiang.com, lembah Jiuzhaigou yang berarti lembah sembilan desa merupakan kawasan konservasi dan taman nasional yang terletak di bagian utara provinsi Sichuan, barat daya China.

Jiuzhaigou merupakan bagian dari kawasan Gunung Min Shan yang berbatasan dengan Plato Himalaya Tibet dan terbentang seluas 72.000 hektar. Juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992. Lembah ini dikenal karena air terjun yang bertingkat-tingkat, puncak gunung yang tertutup salju, dan danaunya yang berwarna-warni.

Danau Wuhua yang berarti danau lima bunga merupakan salah satu bagian dari Lembah Jiuzhaigou yang menjadi favorit para wisatawan. Danau ini mendapat nama demikian karena memang terdiri dari lima warna, yaitu biru laut, biru tua, hijau gelap, kuning, dan merah. Warna-warna tersebut terjadi karena kandungan Kalsium karbonat dan hidrofita dalam air danau.


3.Zhangye Danxia, China

Zhangye Danxia


Gunung pelangi seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China. Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. 

Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu. Formasi batuan tersebut kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. Konon gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.


4.Sungai Cano Cristales, Kolombia

Sungai Cano Cristales


Cano Cristales adalah nama sebuah sungai yang terletak di Serrania de la Macarena, provinsi Meta, Kolombia. Sungai ini punya julukan 'Sungai Lima Warna', 'Pelangi Cair' dan 'Sungai Maha Indah di Dunia' karena nuansa lima warna airnya sungainya yang menakjubkan.

Gradasi warna di sungai tersebut terjadi karena ganggang yang hidup di dalamnya, menghasilkan warna kuning, hijau dan biru yang cantik. Sementara warna merahnya dihasilkan oleh Macarenia clavigera, sejenis ganggang sungai yang hidup di dasar sungai.baca selengkapnya Sungai lima warna Cano Cristales 


5.Mata Air Panas Grand Prismatic, Amerika Serikat

Mata Air Panas Grand Prismatic


Gambar di atas terlihat seperti motif bulu burung merak yang berukuran raksasa, bukan? Mata Air Panas Grand Prismatic ini merupakan mata air panas terbesar di Amerika Serikat, terbesar ketiga di dunia. Mata air panas dengan warna menyerupai spektrum pelangi ini terletak di Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika Serikat.

Nuansa warna mata air ini merupakan akibat dari pigmen warna yang keluar dari tubuh sejumlah mikroba yang hidup di sana. Saat musim panas pinggiran mata air panas tersebut berwarna merah atau oranye, sedangkan di musim dingin warnanya berubah menjadi hijau gelap. Tetapi bagian tengahnya sendiri selalu berwarna biru karena suhu airnya yang sangat panas.

Nah, itulah 5 Fenomena Alam Yang Memiliki Warna Seperti Pelangi yang tersebar di seluruh dunia. Keindahannya sangat menakjubkan, bukan?

Baca Juga :



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls