Rabu, 09 April 2014

5 Tempat Yang Dianggap Pintu Akhirat

5 Tempat Yang Dianggap Pintu Akhirat - Kita percaya bahwa semua orang pasti akhirnya akan meninggal. Saat manusia meninggal, ada banyak sekali cerita akan ke mana mereka. Tentu saja yang jelas orang-orang yang meninggal itu akan pergi ke dunia lain, bisa saja ke surga atau neraka sesuai dengan baik buruk perbuatan mereka selama hidup.

Namun tahukah kamu bahwa di bumi ini ada banyak sekali tempat-tempat yang dipercaya sebagai pintu akhirat? Banyak orang percaya pintu akhirat, neraka, atau kehidupan sesudah kematian hanya bisa dimasuki setelah meninggal, namun nyatanya ada beberapa orang yang percaya bahwa pintu dunia lain itu dapat dijumpai di berbagai tempat di dunia ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 Tempat Yang Dianggap Pintu Akhirat.


1. Seven Gates of Hell

Pintu Neraka
Seven Gates of Hell


Tujuh pintu neraka atau Seven Gates of Hell adalah legenda di Pennsylvania wilayah Amerika. Konon, Tujuh Gerbang Neraka merupakan sebuah kisah dimana jika seseorang berhasil menemukan dan melewati ketujuh pintu akhirat ini maka ia akan menemukan dirinya di dunia lain atau singkatnya ia berada di neraka.

Tidak diketahui secara jelas keberadaan dari ketujuh pintu ini namun berbagai sumber mengatakan bahwa ketujuh pintu ini ada di setiap benua, yakni Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarctica, Eropa dan Australia.

Ini berarti ada 1 gerbang untuk setiap benua. Berikut ini adalah rumor dari keberadaan gerbang-gerbang tersebut diantaranya adalah tangan kiri Sphinx di Mesir, dekat Temple Mount di Israel, Pemakaman Pere Lachaise di Paris, dekat Patung Raksasa Yesus di Brazil, Pemakaman Marie Laveau di New Orlean, Pemakaman Rookwood di Sydney, Lebanon Road di Libanon, dan di Kutub Selatan sendiri.

Walaupun begitu semua tempat di atas belum dapat dikatakan secara pasti adalah bagian dari 7 pintu neraka. Karena selain seven gates of Hell, ada juga 13 lost gates of Hell. Legenda mengisahkan bahwa Para Dewa membuat gerbang palsu yang serupa untuk membuat para Iblis kebingungan dan menyebarkannya di berbagai tempat di segenap penjuru dunia.


2. Actun Tunichil Muknal di Belieze

Pintu Neraka
Actun Tunichil Muknal di Belieze

Actun Tunichil Muknal merupakan deretan gua yang terletak di pusat pemeliharaan Tapir Gunung, Belize. Ini adalah gua paling keramat bagi Suku Maya.

Belize mungkin terkenal dengan wisata pantainya, namun pulau ini juga memiliki destinasi wisata sipiritual, yaitu Actun Tunichil Muknal yang digunakan oleh Suku Maya untuk memberikan pengorbanan kepada dewa-dewa mereka.

Untuk memasuki gua ini harus melewati jalur hutan yang indah, lalu berenang menyusuri pintu masuk gua yang terletak di bawah tanah. Gua ini dipercaya oleh suku Maya sebagai gerbang menuju 'dunia bawah'. Daya tarik yang terkenal di gua ini adalah tulang belulang yang masih lengkap milik seorang wanita yang disebut "The Crystal Maiden".

Penelitian menunjukan bahwa tempat ini merupakan tempat dimana kaum Maya melakukan berbagai ritual mereka. Tempat ini sekarang terbuka untuk tur publik dimana para pengunjung dapat melihat sisa-sisa kurban manusia dari berbagai umur, dimulai dari bayi hingga orang dewasa.

Diperkirakan bahwa sisa kerangka manusia yang ada di sana telah berumur sekitar 1200 tahun. Legenda mengatakan bahwa gua-gua ini merupakan rumah bagi Dewa Hujan, Chaak, sedangkan barulah kedalamannya terletak labirin dunia lain, Xibalba.

Xibalba sendiri adalah rumah bagi 12 iblis dan pasukan mereka. Konon, semua iblis ini bertanggung jawab atas kematian, penyakit, kelaparan, kesakitan, dan kemiskinan. Kaum Maya melakukan kurban manusia dengan tujuan untuk membuat semua Iblis ini tetap tenang dan tidak mengganggu manusia.


3. Sumur Suci Bawah Tanah di Meksiko

Pintu Neraka
Sumur Suci Bawah Tanah di Meksiko


Sumur Suci Bawah Tanah merupakan serangkaian lokasi yang acap kali digunakan oleh suku Maya dengan menggunakan metode matahari. Seperti yang biasa terjadi pada ritual kuno, di lokasi ini juga sering ditemukan sisa-sisa kerangka manusia sebagai korban untuk dewa Maya.

Selain itu, lokasi ini juga dianggap sebagai rumah bagi Chaak, yaitu Dewa Hujan. Bangsa Maya percaya jika hari-hari ketika matahari berada di puncaknya (antara 23 Mei dan 19 Juli), maka lokasi ini akan dipenuhi sinar terang dan menjadi alasan bagi bangsa Maya untuk melakukan ritual di depan pintu neraka.


4. Istana Houska di Republik Ceko

Pintu Neraka
By Mirek256 (Own work), via Wikimedia Commons


Jika kebanyakan proyek pembangunan dilakukan di lokasi tertentu dengan alasan logis, Houska Castle atau Istana Houska dibangun di lokasi yang sama sekali tidak memiliki nilai strategis, akses sumber daya sangatlah susah ditemukan, jauh dari sumber air, dan desain yang aneh. Jika sebuah istana pada umumnya dibangun untuk melawan seragan dari luar, Houska Castle memiliki banyak fitur yang seakan-akan terlihat untuk menahan sesuatu di dalam.

Legenda mengatakan bahwa istana ini dibangun di atas "lubang tanpa dasar" yang mengarah ke neraka. Legenda tersebut mengatakan bahwa Raja Bohemia, Ottokar II, memberikan pengampuan kepada setiap tahanan yang berani menurunkan diri mereka ke lubang tersebut dan melaporkan apa yang ada di bawah lubang tersebut.

Tahanan pertama hanya bertahan selama beberapa detik sebelum ia berteriak, dan sesudah ia kembali, dikatakan rambutnya menjadi putih dan terlihat lebih tua 30 tahun dengan menceritakan berbagai mahluk yang tidak jelas.

Ottokar II kemudian membuat istana di atas lubang tersebut dengan tujuan untuk menangkap Iblis. Sesudah Istana ini dibangun, ada berbagai kisah lain yang menceritakan suara aneh, teriakan, dan wujud mengerikan dari dunia lain muncul di tempat ini. Selain itu, Houska Castle juga pernah ditempati Nazi selama Perang Dunia II dan menjadi berbagai eksperimen dan kejadian mengerikan.


5. Gunung Hekla di Islandia

Pintu Neraka
Gunung Hekla di Islandia


Sejatinya Hekla adalah gunung berapi paling aktif di Islandia yang sudah lama dikenal sebagai pintu masuk ke dunia lain semenjak erupsi pertama terjadi di tahun 1104 silam.

Saking besarnya, muntahan lava pijar Hekla disebutkan sebagai ludahan api neraka dan mengembalikan roh-roh penasaran ke Bumi. Erupsi Hekla juga sudah menewaskan banyak sekali orang sehingga jelas mengapa dikatakan dia sebagai pintu gerbang neraka.

Gunung berapi ini sendiri terletak di dekat kawasan padat populasi, jadi selain menghancurkan daratan sekitar, letusannya juga telah menyebabkan banyak kematian, gempa bumi dan bahkan penyakit. Mungkin ini yang menjadi dasar dari sebutan tersebut, akan tetapi selain itu masih banyak cerita menyelubungi tempat misterius ini.

Beberapa orang menyebutkan tempat ini sebagai tempat dimana para penyihir bertemu dengan Iblis, selain itu tempat ini juga dirumorkan sebagai tempat dimana Judas, Rasul yang mengkhianati Yesus dikurung. Letusan pada tahun 1341 juga dikabarkan memiliki perwujudan seolah-olah ada burung-burung terbang di atasnya, dan beberapa orang menggambarkan bahwa burung-burung tersebut sebagai roh dari dunia lain.


langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls