Jumat, 09 Mei 2014

10 Pemain Terbaik Sepakbola Italia Sepanjang Masa

10 Pemain Terbaik Sepakbola Italia Sepanjang Masa - Liga Italia adalah salah satu liga sepakbola paling bergengsi di dunia. Persaingan yang ketat antar tim dalam liga domestik maupun Liga Champion, membuat para pemain asli Italia makin terasah dan membuat liga sepakbola mereka makin harum namanya.

Dari sekian banyak pemain bagus dari negeri pizza tersebut, berikut adalah 10 Pemain Terbaik Sepakbola Italia Sepanjang Masa sepanjang masa oleh publik sepakbola dunia.


1.Gianluigi Buffon


Gianluigi Buffon



Siapa bisa meragukan jasa seorang Gianluigi Buffon untuk prestasi internasional yang diciptakan timnas Italia? Disebut sebagai salah satu kiper terbaik dunia di era modern, Buffon adalah salah satu katalis untuk kemenangan timnas Italia pada Piala Dunia tahun 2006 lalu.

Karirnya di Juventus juga masih stabil. Meski sudah berusia 36 tahun, refleks dan kelihaian Buffon untuk membaca pergerakan lawan masih sangat tajam. Tak heran jika dia dianggap pantas masuk daftar pesepakbola Italia terbaik sepanjang sejarah.


2.Francesco Totti


Francesco Totti


Loyalitas Francesco Totti pada klub AS Roma tidak akan pernah dilupakan publik sepakbola Italia. Selain berhasil beberapa kali membawa AS Roma meraih gelar scudetto, Totti juga berjasa besar untuk prestasi timnas Italia di ajang internasional.

Di usianya yang 37 tahun sekarang, mungkin popularitas memang sudah tak lagi menjadi makanan utamanya sehari-hari. Namun performa terbaik sebagai kapten AS Roma tetap diberikannya terlepas dari ada tidaknya sorotan media. Pesepakbola yang juga pernah didapuk memimpin timnas ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi striker tunggal.


3.Franco Baresi


Franco Baresi


Abad 21 boleh jadi bukan masa kejayaan seorang Franco Baresi. Namun, prestasi pada masa sebelum itu, telah membuat timnas Italia berdiri kokoh di mata internasional.

Karirnya di liga domestik pun juga bisa dibilang awet. Menjadi trio penggempur lawan dengan Mauro Tassotti dan Paolo Maldini di AC Milan, Baresi sering disebut sebagai pemain belakang paling kuat yang pernah dimiliki timnas Italia. Loyalitasnya begitu besar terhadap skuad Rossoneri.Saking hebatnya seorang Franco Baresi, dia masuk dalam grup Invicibili di Italia.


4.Andrea Pirlo


Andrea Pirlo


Andrea Pirlo bukanlah nama yang asing di jajaran playmaker sepakbola paling top dari seluruh dunia. Dikenal juga dengan julukan "The Architect", Pirlo jago merancang serangan dari lini tengah tim, dan memiliki leadership yang sangat terpuji.

Tak ada satu pun pemain di AC Milan yang tidak menaruh respek pada seorang Andrea Pirlo. Meski kini dia bermain di Juventus, masa-masa kejayaannya ketika bergabung dengan AC Milan tak mudah dilupakan orang.

Perannya yang juga begitu besar bagi timnas Italia membawa Pirlo mencicipi manisnya satu kali kemenangan Piala Dunia.


5.Paolo Maldini


Paolo Maldini


Paolo Maldini adalah sejarah besar bagi AC Milan. Kemampuannya untuk menyerang sekaligus bertahan membuatnya menjadi pilihan tepat untuk memegang posisi sebagai gelandang kiri.

Selama lebih dari 2 dekade, Maldini mengerahkan semua kemampuannya demi kejayaan AC Milan. Tak kurang dari 900 pertandingan pernah dia jalani bersama Rossoneri.

Dalam sejarah timnas sendiri, Maldini juga memberikan sumbangsih yang besar. Meski akhirnya dia harus banyak bermain bertahan di masa-masa akhir karirnya, karena kecepatannya dalam berlari sudah berkurang drastis, nama Maldini tetap terukir sebagai salah satu pemain besar dalam sejarah Italia.


6.Dino Zoff


Dino Zoff



Dino Zoff menduduki peringkat utama dalam daftar kiper terbaik Piala Dunia versi The Richest. Jadi rasanya tak mengherankan jika dia pun akhirnya masuk dalam daftar 10 pesepakbola Italia terbaik sepanjang sejarah.

Karena kelihaiannya dalam membaca arah bola dan refleksnya yang begitu sempurna, tak jarang para fans menamainya dengan sebutan 'Si Gurita'. Di usianya yang menginjak 40 tahun pada tahun 1982, Dino secara membanggakan didapuk menjadi kapten timnas Italia pada Piala Dunia 1982.


7.Alessandro del Piero


Alessandro del Piero


Alessandro del Piero adalah mantan pesepakbola Juventus. Prestasi del Piero tak bisa dianggap remeh. Saat ini, dia masih memegang rekor top skorer Liga Italia sepanjang sejarah.

Karirnya di Juventus dulu juga begitu gemilang, di kala masih berduet dengan Pavel Nedved dan David Trezeguet. Performanya bersama timnas juga begitu bagus, termasuk membantu Italia mereguk kemenangan manis Piala Dunia tahun 2006.


8.Paolo Rossi


Paolo Rossi


Paolo Rossi mungkin banyak dibilang tidak memiliki teknik yang canggih seperti para pesepakbola top lainnya. Namun, raihan 6 gol dalam ajang Piala Dunia 1982 yang ditorehkannya membuat mata dunia tertuju padanya.

Selain meraih Piala Sepatu Emas pada tahun tersebut, Rossi juga menikmati manisnya kemenangan Piala Dunia bersama timnas Italia. Sebagai pesepakbola, Rossi dikenal memiliki tendangan super tajam dan memiliki kesadaran posisi yang tinggi sehingga sering bermain efektif meski skill yang dimiliki tidak secanggih kawan-kawannya.

Ketika Rossi sudah mengeksekusi tendangan penalti, siapapun kiper tim lawan pasti akan bergidik ngeri.


9.Roberto Baggio


Roberto Baggio


Roberto Baggio adalah salah satu pemain tengah bertipe menyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh timnas Italia. Pria berjuluk Il Divino Codino ini telah mencicipi rasanya bermain untuk berbagai tim papan atas Liga Italia.

Meski karirnya sempat mendapatkan sorotan tajam ketika memutuskan untuk hengkang dari Fiorentina yang sudah membesarkan namanya, untuk bergabung dengan rival seumur hidup, Juventus, Baggio tetap menjadi pemain kesayangan timnas Italia.


10.Giuseppe Meazza


Giuseppe Meazza


Saking berharganya sosok seorang Giuseppe Meazza bagi persepakbolaan Italia, namanya ditasbihkan sebagai stadion kandang dua tim kota Milan, yaitu AC Milan dan Inter Milan.

Peppino sudah berhasil mencicipi dua kemenangan Piala Dunia yang begitu manis, dan dikenal sebagai striker timnas Italia yang paling ditakuti oleh semua timnas negara lain yang pernah menghadapinya di ajang Piala Dunia.

Tak kurang dari 242 gol dia ciptakan selama merumput di sebanyak 348 pertandingan bersama Inter Milan, sepanjang era 1927-1940.

Nah, itulah 10 Pemain Terbaik Sepakbola Italia Sepanjang Masa. Siapa yang menjadi pesepakbola favorit Anda?



langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls