Jumat, 03 Agustus 2012

Kelak, Cuci-Mencuci Mobil Tanpa Sampo dan Digosok


Kabar bagus buat Anda yang rada malas mencuci mobil sendiri. Catarina Esteves dari Departemen Teknik Kimia di Universitas Teknik Eindhoven, Belanda, sedang mengembangkan semacam cairan pelapis yang bisa membersihkan cat sendiri, bahkan memperbaiki goresan.

Ia mengklaim, hanya butuh air untuk membersihkan mobil. Selanjutnya, cairan wax garapannya akan menyingkirkan kotoran-kotoran tersebut.

Untuk mendapatkan bahan tersebut, Esteves dan tim memanfaatkan molekul skala nano (nano-technology) pada pelapis tersebut. Ia menjelaskan bahwa pada setiap inti molekul terdapat semacam "tangkai", yang di ujung-ujungnya ada kelompok kimia fungsional. Bagian inilah yang menjadi sensor untuk mendeteksi jika ada sesuatu menempel di cat.

Jika disemprotkan air, materi itu "hidup", menyingkirkan kotoran dan memperbaiki goresan pada cat. Untuk ini, Esteves memberi catatan, goresan yang dimaksud tidak dalam, hanya yang ringan-ringan.



Ia beranggapan, teknologi garapannya bisa sangat berguna membersihkan kendaraan niaga dengan cepat, termasuk pesawat terbang.

sumber kompas.com

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls