Kamis, 23 Agustus 2012

Saudara dengan Umur Terpanjang Sedunia Berasal dari Italia


Keluarga Melis asal dari pulau Sardinia, Italia, menjadi saudara yang berumur paling panjang sedunia. Jika digabungkan, kesembilan saudara itu berusia 818 tahun. Mereka pun semakin mengukuhkan popularitas penduduk di pulau itu yang memang cenderung berusia lebih panjang.

Anggota keluarga tertua yaitu Consolata akan genap berusia 105 tahun pada 22 Agustus ini. Sedangkan si bungsu, Mafald, berusia 78 tahun. Seluruh saudara mereka jika digabungkan telah memiliki 105 anak, cucu dan cicit.

Meski berusia senja namun seluruh anggota keluarga Melis itu masih bisa menikmati aktivitas sehari-hari secara normal. Claudina yang berusia 99 tahun masih pergi ke gereja setiap hari. Sedangkan Adolfo tetap bekerja di bar dan berkebun di usianya yang ke-89 tahun.

Para ahli menduga rahasia umur panjang tersebut merupakan gabungan dari gen, pola makan sehat dan gaya hidup yang aktif. Selain itu kebiasaan masyarakat Sardinia menjalani diet Mediterania dinilai cukup berperan besar. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola makan asupan tinggi buah-buahan, sayuran, ikan dan gandum ini membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

"Gen dan gaya hidup adalah hal yang terpenting, tapi keberuntungan juga memainkan peran besar, seperti menghindari kecelakaan dan jatuh," kata Craig Glenday, editork Guinness World Records. "Sehingga untuk memiliki sejumlah besar saudara hidup dengan usia rata-rata lebih dari 90 tahun adalah hal yang sangat jarang.

Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00024355.html#ixzz24KUNC9CI

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls