Minggu, 19 Agustus 2012

Tips Memberi Nama Islami kepada Anak

kali ini saya ingin share tentang Tips memberi nama anak versi Islam. Yup nama itu penting sekali karena nama nerupakan “merek” seseorang, tak ada manusia didunia ini yang tak ada namanya, meskipun shakespeare mengatakan apalah arti sebuah nama. Namun dibalik nama amat berarti dan kadang memeberi pengaruh sama yang empunya nama.

Nama juga menjadi identitas kesukuan atau agama seseorang, misalnya Abdul Rahman, so pasti yang punya nama beragama Islam, Daeng Sangkala, so pasti yang punya nama ini sukunya adalah suku Makassar.

Kadang nama juga menjadi peringatan pada kejadian atau suasana sewaktu bayi kita lahir, misalnya ketika bulan Ramadhan, lalu lahir anak kita dan berjenis kelamin laki-laki, maka diberilah nama Syahrul Ar-Ramdhan Putra, atau jika bayi kita perempuan maka diberi nama Nia Ramadhani. Atau pas bayi kita lahir sewaktu Timnas Indonesia menang pertandingan Bola, maka anak kita beri nama Irfan Bachdim.

Dalam Islam ada aturan untuk memberi nama yang baik bagi anak-anak anda yang anda sayangi. Berikut beberapa aturan itu:

Dilarang menggunakan nama Barrah
Dilarang menggunakan nama-nama bayi yang memiliki arti buruk
Dilarang menggunakan nama sesembahan selain Allah, seperti ‘Abdul Ka’bah, dan sebagainya
Dilarang menggunakan Asmaa-ul Ĥusnaa jika tidak memakai ‘Abdu di depannya
Sebaik-baik nama adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurraĥmaan (Al-Hadits)
Nama yang paling sesuai adalah Ĥarits dan Hammaam
Nama yang paling buruk adalah Ĥarb dan Murrah
Karena nama bayi Islam adalah dalam bahasa Arab, dianjurkan untuk memilih nama yang mengandung huruf-huruf Arab.
Sebaiknya tidak menggunakan nama-nama malaikat
Dianjurkan untuk tidak menggunakan nama-nama yang terlalu panjang. Kebanyakan nama-nama bayi Islam di zaman Nabi SAW adalah singkat.

Adapun Tips memberi anak lainnya sebagai berikut:

Seni mem-padu-padan-kan. Adalah hak Anda untuk membuat nama seperti apa pun yang Anda mau. Untuk memastikan bahwa nama itu terdengar indah, coba ucapkan dengan keras. Akan lebih baik jika Anda memadukan nama pendek (dengan dua suku kata) dengan nama panjang (tiga atau empat suku kata). Atau sebaliknya, nama panjang dulu, baru nama pendek. Atau, bila nama depannya agak kebarat-baratan, lanjutkan dengan nama Indonesia.
Unsur agama. Nama yang mengandung unsur agama juga merupakan pilihan yang bijak, karena nama ini akan langsung menunjukkan identitas Anda. Hanya saja, sering kita temui orang yang salah memilih nama. Pastikan Anda menyandang nama dengan unsur agama yang Anda anut, bukan agama yang lain.
Memiliki makna. Banyak nama bayi yang diambil dari bahasa-bahasa tertentu yang memiliki makna, misalnya seperti kebiasaan suku Tapanuli (atau orang Hawai). Sedangkan kebanyakan nama yang lain hanya merupakan rekaan saja. Jika Anda menemukan sebuah nama yang terdengar cantik, namun maknanya kurang berarti, sebaiknya jangan dipakai. Saat mencari nama-nama bayi di internet, cobalah mencari dengan kata kunci berdasarkan karakter si anak. Namun sebaliknya, jangan menonjolkan unsur makna saja tanpa mempertimbangkan keindahan.
Tidak membuat anak tertekan. Meskipun nama itu mengandung harapan akan kebaikan untuk si anak, Anda perlu mengingat bahwa jaman telah berubah. Anak telah memiliki wawasan yang jauh lebih luas berkat sumber informasi yang lebih mudah diakses. Jangan sampai kelak anak merasa sangat tidak nyaman dengan nama pemberian orangtuanya. Besar kemungkinan, anak mendapat tekanan sosial berupa ejekan dari teman-temannya. Mampukah kelak ia menghadapi tekanan sosial semacam itu.
Mudah dieja. Anda mungkin bangga karena berhasil menciptakan nama yang unik untuk si kecil. Namun jika nama yang Anda berikan sulit dibaca atau diucapkan, coba pertimbangkan lagi. Anak bisa mengalami kesulitan ketika sudah mulai masuk sekolah nanti. Misalnya, nama yang ditulis di ijazah tidak sama dengan nama di akte kelahiran (karena begitu sulit dieja). Masalah ini akan terus mengikutinya, selama ia harus menangani dokumen pribadi.

sumber

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls