Rabu, 24 Juli 2013

10 Organ Tubuh Buatan Paling Terkenal Di Dunia

10 Organ Tubuh Buatan Paling Terkenal Di Dunia


10 Organ Tubuh Buatan Paling Terkenal Di Dunia - Perkembangan dunia tekhnologi dan kesehatan telah memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia. Dari pengembangan tekhnologi dalam ilmu kedokteran ada banyak organ tubuh buatan manusia :


1. Rahim Buatan



Para ilmuwan melakukan penelitian untuk mengembangkan organ tubuh buatan yaitu rahim buatan dimana embrio dapat dipelihara hingga menjadi manusia diluar tubuh wanita


Dr. Hung-Ching Liu dari Pusat Cornell University bidang Reproduksi dan Infertilitas mengatakan akan mampu membuta rahim buatan dengan harapan dapat membantu pasangan yang mengalami masalah reproduksi karena tidak bisa mengandung disebabkan kenker rahim dan lain sebagainya.


2. Usus Buatan



Mengejutkan, pada tahun 2011, ilmuwan Inggris mengklaim mampu membuat organ tubuh buatan yaitu usus buatan yang mampu mensimulasikan pencernaan manusia. Usus buatan ini terbuat dari polimer yang rumit dan logam dengan kemampuan menahan asam kaustik dan enzim. Hebatnya, usus buatan ini bisa mengahasilkan anti-peristaltik yang merupakan penyebab muntah.


3. Kulit Buatan


Pada tahun 1996, Massachusetts Institute of Technology memproduksi organ tubuh buatan yaitu kulit buatan untuk digunakan pada pasien dengan luka bakar. Kulit buatan ini tenyata juga memiliki darah.


4. Jantung Buatan


Organ tubuh buatan yaitu Jantung Buatan Total atau (TAH) adalah jantung buatan pertama kali yang dipatenkan. Adalah Dr. Paul Winchell yang mematenkan hati sintesi.


5. Darah Buatan


Darah bukanlah organ tubuh, melainkan sesuatu yang diproduksi oleh tulang sumsum dan sangat dibutuhakn oleh tubuh itu sendiri. Permintaan darah yang semakin meningkat diseluruh dunia ternyata tidak dapat diimbangi dengan honor darah. Maka lahirlah ide untuk membuat darah buatan. Jika ide itu sukses, maka darah tinggal dibuat tanpa harus menunggu honor dari orang lain.



6. Pembuluh Darah Buatan


Peneliti dari Universitas Hokkaido telah menghasilkan organ tubuh buatan yaitu pembuluh darah buatan dengan cara kolagen dari membran. Hasil dari penelitian itu saat ini masih diuji cobakan pada Anjing dan jika eksprimen itu sukses, mungkin bisa untuk mengganti pembuluh darah yang rusak pada manusia.


7. Tulang Buatan


Para ilmuan menemukan bahwa asam sitrat bila dikombinasikan dengan 1,8-octanediol akan menghasilkan karet kuning yang elastis dan kokoh. Elastisitas tersebut membuatnya dapat dibentuk dengan bentuka apapun saja, bahkan bisa tulang manusia sekalipun.


8. Retina Buatan


Ilmuwan AS telah mengembangkan organ tubuh buatan yaitu mata buatan. Mata buatan yang dijuluki Argus tersebut saat ini sudah mendapat rekomendasi dari departemen kesehatan AS untuk dicobakan pada 50-75 pasien.


9. Kaki Palsu

Jika Salamander atau Berudu dapat membangun kembali anggota tubuhnya yang hilang, kenapa manusia tidak?

Hipotesis itu telah menggerakkan beberapa ilmuawan untuk malakukan sesuatu yang bermanfaat. Hasilnya, para penyandang cacat memiliki harapan untuk memiliki organ tubuhnya yang kurang dengan generasi ekstremitas penuh dan bisa membangun kembali jari yang sudah tidak pernah ada.


10. Membuat Organ Tubuh Dengan Sel Induk


Para ilmuwan Ingrris menemukan cara menumbuhkan katup jantung dari sel induk manusia. Penelitian ini masih dalam tahap baru lahir dan belum bisa digunakan pada manusia.

Nah, itulah 10 Organ Tubuh Buatan Paling Terkenal Di Dunia semoga bermamfaat.


Sumber : Serunique.com

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls