Sabtu, 06 Juli 2013

5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia

5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia


5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia - Selain ribet cara pakainya, antibiotik juga susah diingat namanya. Beberapa pasien bahkan tak bisa membedakan obat mana yang termasuk antibiotik, mana yang bukan. Tapi setidaknya ada 5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia yang sering dipakai masyarakat.

Begitu banyaknya jenis antibiotik yang ada tidak hanya membingungkan pasien, kadang dokter yang meresepkan juga ikut bingung. Bukan tidak mungkin karena tidak tahu pasti antibiotik apa yang harus digunakan, maka langsung dipilih yang paling ampuh.

Padahal menurut ketua umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Drs M Dany Pratomo, MM, Apt, pemilihan jenis antibiotik tidak boleh sembarangan. Idealnya memang harus definitif sesuai kuman penyebab infeksinya dan harus dimulai dari jenis yang paling sederhana.

Agar pasien juga tidak rewel ataupun salah pakai karena tidak tahu jenis antibiotik, ada baiknya kenali 5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia yang paling sering dipakai di masyarakat berikut ini: 



1. Amoxicillin



Amoxicillin merupakan jenis antibiotik golongan penicillin, lebih spesifik lagi termasuk kelompok aminopenicillin seperti halnya jenis antibiotik populer lainnnya yakni ampicilin. Penggunaannya sangat luas, mulai dari untuk obati infeksi kulit, gigi, telinga, saluran napas dan saluran kemih.


2. Cefadroxil



Cefadroxil merupakan generasi pertama jenis antibiotik golongan Cephalosphorin, yang cara kerjanya hampir sama dengan Amoxicillin dan antibiotik lain di golongan penicillin. Penggunaannya juga sama luas, mulai untuk mengobati dari infeksi kulit hingga saluran kemih.


3. Erythromicyn



Erythromicin merupakan jenis antibiotik golongan makrolid yang sering diberikan pada pasien yang alergi penicillin. Penggunaannya lebih luas dari penicillin maupun cephalosphorin, sehingga sering dipakai sebagai pilihan pertama untuk pengobatan pneumonia atipik.


4. Ciprofloxacin


Ciprofloxacin merupakan jenis antibiotik golongan floroquinolon, salah satu jenis antibiotik paling mutakhir saat ini. Penggunaannya antara lain untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas (sinusitis, pneumonia, bronkitis) dan juga infeksi kulit.


5. Tetrasiklin



Di kalangan pekerja seks, tetrasiklin cukup populer karena jenis antibiotik ini paling sering jadi pilihan utama untuk mengobati infeksi kelamin seperti chlamydia dan gonorrhea atau kencing nanah. Penggunaan jenis antibiotik ini mulai dibatasi, karena memicu masalah resistensi yang membuat kuman gonorrhea jadi kebal antibiotik.


Nah, itulah 5 Jenis Antibiotik Paling Populer Di Dunia semoga bermamfaat.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls