Rabu, 21 November 2012

Arti Makna GT pada Yamaha Soul GT

Sosok skuter bertransmisi otomatis (skutik) anyar lansiran pabrikan Yamaha Ini sangat berbeda dengan skutik lainnya. Kover lampu depan mencuat, tampak menonjol dominan bila dibandingkan dengan sisi lain skutik ini. Sorot mata tajam dan agresif mempertegas kesan bertenaga.


Ide desain,seperti disebutkan pabrikan berlambang garpu tala itu, terinspirasi dari tampilan sedan sport asal Amerika Serikat. Di 'Negeri Paman Sam' atau negara eropa lainnya, suatu mobil diberi embel - embel GT, yang lazimnya diartikan Grand Turismo dan Grand Touring.

Lalu apa kira - kira arti GT yang tersemat pada Yamaha Soul ini? Menurut Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), setiap pengendara Soul GT bisa mengartikan apa saja singkatan tersebut. "Jika dilihat dari sisi target konsumen, yaitu lelaki, GT berarti Gentleman. Dari sisi kecanggihan teknologi, GT berarti Great Technology atau Green Technology," jelasnya.

Desain atraktif dan agresif Soul GT merupakan kolaborasi antara desainer otomotif Indonesia dan perancang Yamaha Majesty dari pusat riset dan pengembangan Yamaha Jepang. Dengan demikian, wajar saja ciri khas eksotis desain Yamaha Majesty masih terlihat di Soul GT ini.

Di sisi lain, Yamaha Soul GT sebagai penerus Mio Soul kini telah menanggalkan kata Mio. Alasannya, sebagaimana disampaikan Vice President Executive YIMM Dyonisius Beti, sebagai pembedaan produk di pasar, karena Soul sudah ditargetkan untuk konsumen pria sejak diperkenalkan.

"Soul lama sudah discontinue dan stoknya sudah habis. Kami menargetkan Soul GT mampu terjual sebanyak 30 ribu hingga 35 ribu per bulan," cetus Dyon.

Yamaha Soul GT juga mengadopsi teknologi yang sama dengan Mio J, Yakni Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Dengan dilengkapi forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan keawetan mesin, Soul GT tampil dengan kualitas mumpuni.

Fitur menarik Soul GT lainnya yang membuatnya unik dan tidak ada pada motor lain ialah area spidometer yang terinspirasi dari detail 3D kronograf yang terdapat pada merek jam mahal dan ternama buat pria. Juga aksen persegi delapan (octagonal bezel) yang menambah kesan macho Soul GT.

Logo Yamaha pada Soul GT pun mengambil karakter desain logo yang diciptakan Yamaha, yaitu 3D seperti yang terdapat pada Mio Fino dan Jupiter MX. Kelengkapan fitur - fitur Soul GT lainnya yang menunjang aktivitas seperti bagasi yang lapang, integrated key shutter dan tangki bensin yang besar merupakan keuntungan lainnya buat pengguna.

Soul GT memiliki tujuh warna, yaitu fighting red, masculine blue, lightning green, sirius black, lunar white, serta warna baru deep purple dan armor bronze. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp 13,9 juta untuk on the road Jakarta dan sekitarnya.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls