Rabu, 07 November 2012

Body Kit Sepeda Motor Terus Diminati

Saat anda menonton tayangan televisi GP atau Superbike, mungkin tidak pernah terpikir bahwa desain body kit sepeda motor ber-CC besar seperti itu mudah ditiru di Temanggung. Ternyata, perkembangan desain kendaraan super cepat tersebut menular pada kendaraan lokal yang dimiliki pecinta motor sport di tanah air.


Peluang membidik pecinta motor sport ini ditangkap oleh Bagus Pradana (21) pemuda yang kini menggeluti usaha modifikasi body kit. Di ruang workshopnya di kawasan Sendang, Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Bagus berkreasi merancang aneka desain body kit, mulai dari fairing, duck tail, spatbor, hingga tutup lampu.

"Semua desain adalah custom sesuai selera dan permintaan konsumen. Kalau konsumen sudah pasrah soal desain, kami menawarkan desain sendiri," ujar Bagus yang merupakan alumni Akindo Yogyakarta dan pernah menyabet juara II Nasional Lomba Modifikasi Motor Sport tahun kemarin.

Usaha modifikasi body kit ini cukup menjanjikan. Dilihat dari order yang diterima Viper Modified (nama usaha yang dimiliki Bagus), konsumen berasal dari berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, hingga Denpasar, Bali. Latar belakang konsumen adalah pecinta motor sport, sesuai spesialisasi yang dimiliki Viper Modified.

"Pesanan body kit yang sudah ada saat ini adalah moge Suzuki GSX 1000 cc, Ninja RR 250 kemudian Honda CBR, sampai yang motor ber-cc rendah seperti Yamaha Bison dan Vixion. Bisa juga kami mengerjakan untuk motor prototipe atau yang futuristik sekalipun," ungkapnya.

Metode getok tular antar anggota klub motor sport di tanah air diakui Bagus menjadi sarana marketing yang mumpuni bagi usaha tersebut. Prinsip yang dipegang dia adalah bekerja sesuai pesanan, tepat waktu dan sentuhan hasil akhir yang memuaskan. Dia menyatakan, untuk pengerjaan body kit yang cukup rumit dibutuhkan waktu sampai dua bulan. Sedangkan untuk body kit yang simpel, hanya butuh waktu satu sampai dua pekan saja.

Tingkat kesulitan tertinggi adalah pada aplikasi desain yang rumit saat mastering atau ngemal dan ketepatan dimensi body kit ketika dipasang di body sasis motor. Sedangkan soal racikan bahan baku, serat fiber dan akrilik, sudah dikuasai Bagus dan tim kerjanya yang berjumlah tiga orang.

Soal harga pesanan untuk body kit dibanderol Rp 4 juta hingga Rp 12 juta. Pasar konsumen body kit ini menurut Bagus masih sangat luas. Mengingat perkembangan teknologi otomotif yang terus meningkat dan dinamis, khususnya dari sisi desain.

"Pecinta motor sport, khususnya remaja, pasti ingin sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang lain," ujarnya.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls