Sabtu, 17 November 2012

Forum Pengagum Fenomena Alam Astronomi

Sesuai namanya, Jogja Astronomi Club menghimpun para pecinta hal - hal yang berhubungan dengan alam khususnya astronomi. Di tempat ini para pecinta astronomi berkumpul untuk berbagi cerita dan ilmu tentang langit atau fenomena alam yang terjadi. Mereka rutin bertemu tiap minggu malam untuk sekedar meneropong bintang atau benda langit di sore hari.


Jogja Astronomi Club atau disingkat JAC terbentuk pada 2005. Berawal dari seorang yang boleh dibilang maniak dalam hal yang berhubungan dengan astronomi. Adalah Mutoha Arkanuddin, pendiri perkumpulan ini. Kesehariannya bekerja sebagai guru di sebuah SMA swasta di Jogja. Dan di dalam klub ini ia menjabat sebagi Koordinator Utama.


Pada awal berdirinya JAC beranggotakan anak - anak SMA. Semakin lama, berita adanya klub ini menyebar dan anggotanya pun bertambah hingga mahasiswa dan bahkan orang yang sudah bekerja. Namun setelah beberapa tahun berjalan, klub ini sempat vakum sebelum akhirnya aktif lagi dengan anggota berjumlah ratusan.

"Sekitar 150 orang lebih. Didominasi mahasiswa," ungkap Eko Hadi G, Koordinator harian yang juga seorang web programmer and developer lepas. "Kami juga membuat fans page di jejaring sosial facebook dengan nama Jogja Astro Club," terangnya. Tujuan klub ini banyak sekali, yang dijabarkan dalam visi dan misi, antara lain memperkenalkan dan mempopulerkan astronomi dan fenomena alam agar masyarakat tak salah paham.

"Yang paling utama mengubah mindset atau pola pikir masyarakat yang selalu mengaitkan fenomena alam dengan alam gaib. Semua itu ada penjelasan ilmiahnya," ujarnya. Markas besar JAC berlokasi di Jalan Affandi Soropadan No 4 Condongcatur Depok, Sleman yang juga rumah koordinator utama, Mutoha Arkhanuddin.

Di tempat ini terdapat teropong dan peraga astronomi. Bagi yang ingin bergabung, tidak ada syarat yang rumit dan biaya, tapi cukup melakukan registrasi secara online. "Pokoknya nggak ada biaya pendaftaran sebab kami hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan," jelas Eko Hadi, sambil menambah, bagi yang ingin sekedar meneropong alam semesta bisa langsung datang setiap minggu malam ke tempat yang telah kami sebutkan diatas.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls