Minggu, 16 Maret 2014

7 Hewan Reptil Yang Aman Untuk Dipelihara

7 Hewan Reptil Yang Aman Untuk Dipelihara - Jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan berupa reptil, Anda harus jeli memilihnya. Reptil tidak semuanya menakutkan dan berbisa. Ada beberapa jenis reptil yang cantik dan sangat aman untuk dipelihara.

Ingin tahu hewan reptil apa saja yang aman untuk dipelihara? Berikut ulasannya 7 Hewan Reptil Yang Aman Untuk Dipelihara :


1. Cornsnake

Cornsnake
Foto : merdeka.com

Ini adalah ular yang lucu dan tidak berbisa dari keluarga Colubrid. Dengan wajah dan sifatnya yang imut serta jinak, menjadikan cornsnake sangat mudah dipelihara. Bagi Anda yang takut pada ular, bisa melakukan terapi dengan ular ini, sebab ukurannya sangat kecil. Panjang maksimalnya hanya sekitar 1,5 meter.

Ular ini jarang sekali menggigit, hidupnya pun juga sangat lama, yaitu sekitar 20 tahun. Makanannya tikus putih kecil atau yang biasa disebut mencit.


2. Tegu (Kadal Argentina)

Kadal Argentina
Foto : merdeka.com

Jangan tertipu dengan muka sangarnya. Percayalah, ini adalah kadal dengan sifat yang tenang, jarang menggigit, dan aman untuk dipelihara. Hidupnya bisa mencapai 15-20 tahun.

Makanannya adalah tikus putih tergantung ukuran tubuhnya. Bisa juga memakan buah-buahan.


3. Ball Python (Piton Bola)

Ball Python
Foto : merdeka.com

Ini adalah satu-satunya ular terjinak di dunia. Setidaknya itulah anggapan para ilmuwan tentang Ball Python. Ular ini hidup di Afrika, namun di Indonesia sudah banyak yang mengembangbiakkan reptil lucu ini.

Disebut lucu, karena ular ini jika terancam tidak akan menggigit, justru akan melindungi diri dengan membentuk bola. Itulah sebabnya mengapa dinamakan Ball Python. Makanannya pun sangat mudah, yaitu tikus kecil atau rat. Sifatnya yang pemalu sangat sejalan dengan bentuknya yang imut.

Bentuk ular ini gendut, yaitu besar di bagian berut namun untuk ekor dan leh


4. Blue Iguana (Iguana Biru)

Blue Iguana
Foto : merdeka.com

Jika iguana pada umumnya berwarna hijau, namun ternyata ada iguana yang berwarna biru. Bahkan selain biru ada pula yang berwarna merah. Karakteristik iguana biru sama dengan iguana hijau ataupun merah. Makanannya sayur dan buah-buahan.

Akan tetapi, jika memelihara iguana kecil jangan terlalu memberinya makan. Sebab iguana kecil akan terus makan meskipun dia sudah kenyang. Akibatnya, akan membuatnya kekenyangan dan akhirnya mati dengan perut yang terlalu besar.


5. Molurus Python Albino (Sanca Bodo Albino)

Molurus Python Albino
Foto : merdeka.com

Inilah ular jagoan dan idaman semua penggila reptil. Molurus Python Albino atau yang sering disebut Molab oleh para penggemar reptil. Molab memiliki warna kuning cerah yang tentunya akan membuat menarik. Karakernya pun juga jinak, sebab hewan albino memiliki kecenderungan jinak. Setidaknya itu anggapan para ilmuwan. Makanannya pun sama, yaitu tikus kecil, rat, kepala ayam, atau burung puyuh.


6. Spiderman Lizard (Kadal Spiderman)

Kadal Spiderman
Foto : merdeka.com

Kadal Afrika langka ini memiliki warna merah pada bagian kepala dan punggungnya, sementara di bagian kaki belakang hingga ekor berwarna biru. Sangat mirip dengan Spiderman.

Kadal ini juga sangat jinak meskipun ditemukan di alam liar. Kini banyak orang yang mencari kadal spiderman ini untuk dipelihara.


7. Gecko Lizard (Kadal Timur Tengah)

Gecko Lizard
Foto : merdeka.com

Hewan ini memang terkesan menggelikan dan mirip dengan tokek. Namun percayalah bahwa ini bukan tokek, sebab Gecko tidak bisa menempel pada dinding. Pakannya pun sangat mudah, yaitu jangkrik atau ulat hongkong. Uniknya, hewan ini saat berganti kulit akan memakan kulit lamanya hingga habis tak tersisa. Selain itu warnanya juga beragam serta cantik.

Nah, itulah 7 Hewan Reptil Yang Aman Untuk Dipelihara semoga postingan ini bermamfaat untuk anda.


langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls