Senin, 17 Maret 2014

7 Kesalahan Paling Umum Wanita Saat Merapikan Alis

7 Kesalahan Paling Umum Wanita Saat Merapikan Alis

Hestianingsih - wolipop

Jakarta - Jika mata adalah jendela hati, maka alis adalah bingkai wajah. Bentuk dan tipis/tebalnya alis seringkali dianggap tidak terlalu penting ketimbang riasan mata atau bibir. Padahal penampakan alis bisa memengaruhi keseluruhan tampilan wajah. Bentuk alis yang tidak sesuai akan membuat wajah tampak aneh dan tidak proporsional. Ini beberapa kesalahan dalam mendandani alis yang perlu dihindari, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA.

1. Mencabuti Alis Terlalu Sering
Merapikan alis dengan cara mencabutnya akan membuat rambut alis tumbuh lebih lama ketimbang mencukurnya. Spesialis rias alis Michelle Wu dan Santi Garay di Browhaus menyarankan sebaiknya tidak terlalu sering mencabut alis, maksimal satu kali dalam tiga minggu. Alasannya, rambut alis tidak selalu tumbuh secara bersamaan jadi Anda perlu memberinya waktu sedikit lama agar alis tumbuh lebih merata. Selain itu terlalu sering mencabut alis akan membuat alis jadi 'botak' dan ku rang menasik dilihat.

2. Memakai Pinset yang Sudah Lama
Pinset yang sudah lama biasanya akan berkarat atau menyimpan kuman, residu kosmetik atau bakteri yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar mata. Selain itu pinset yang sudah lama juga biasanya menjadi kendur sehingga kurang maksimal menjepit bulu alis. Agar pinset selalu bersih dan steril, selalu bersihkan menggunakan alkohol setiap kali selesai menggunakannya untuk menghindari penumpukan bakteri. Simpan pinset di tempat khusus, bukan di antara perlengkapan kosmetik Anda agar lebih tahan lama.

3. Mencabuti Alis yang Tumbuh di Tengah
Untuk menghindari bentuk alis yang membuat wajahnya terlihat 'galak', biasanya wanita juga menghilangkan rambut yang tumbuh di antara kedua alis. Terkadang mereka mencabut terlalu berlebihan sehingga jarak antara alis kanan dan alis kiri lebih lebar. Padahal menurut pemilik salon alis Boom Boom Brow Bar, Malynda Vigliotti, jar ak alis yang terlalu lebar justru membuat hidung terlihat lebih besar dan kedua mata tampak terpisah terlalu jauh.

4. Alis Terlalu Melengkung
Garis alis yang terlalu melengkung bak pelangi akan membuat wajah tampak selalu terkejut. Bentuklah sesuai lengkungan alami alis Anda dengan mencari titik tertinggi dari alis. Biasanya berada di 2/3 dari panjang alis bagian dalam. Cabutlah rambut sedikit lebih banyak di daerah itu agar alis sedikit terangkat. Jika rambut alis cenderung tipis, gunakan brow powder untuk menggambar bentuk alis sebelum dicabut agar hasilnya lebih rapi dan tidak berlebihan mencabutya.

5. Tidak Merapikan Bagian Atas Alis
Satu hal yang sering terlupakan saat membentuk alis adalah hanya merapikan bagian bawah, sementara bagian atasnya terlipakan. Stylist khusus alis, Joey Healy menyarankan untuk mencabut juga alis bagian atas agar bentuknya lebih rapi dan proporsional. "Anda menginginkan alis yang bagus d an tebal. Tapi ada perbedaan besar antara alis yang tebal dan rapi, dengan tebal dan berantakan," ujarnya. Sebaiknya singkirkan juga rambut-rambut yang tumbuh di luar bentuk alis bagian atas agar lebih rapi.

6. Memakai Pensil Alis Terlalu Tebal
Saat memakai pensil alis, cukup goreskan beberapa kali dengan gerakan cepat dan ringan untuk menghasilkan alis yang tampak tebal alami. Pilihlah warna pensil yang satu tingkat lebih terang dari rambut alis Anda. Menurut Santi, warna alis yang terlalu gelap akan membuat wajah tampak galak dan terlihat palsu.

7. Waxing Alis Saat Memakai Krim Retinoid
Krim mata anti-aging biasanya mengandung retinoid, bahan utama dalam pencegahan penuaan dini yang berfungsi meningkatkan kolagen, mengecilkan pori-pori dan mempercepat pergantian sel kulit. Namun bahan yang hebat ini bisa merusak kulit di sekitar area mata jika Anda waxing alis bersama dengan penggunaan krim retinoid.

"Retinoid membuat kulit jadi lebih tipis dan sensitif. Me-waxing alis bisa membuat kulit jadi terasa pedih. Jadi gunakanlah pinset untuk mencabut alis jika Anda sedang perawatan dengan retinoid," saran Malynda.

Sementara itu para dermatologist menyarankan untuk menunggu selama enam minggu setelah berhenti pemakaian retinoid jika Anda ingin merapikan alis dengan cara waxing.

(hst/hst)



Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
wolipop.detik

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls