Minggu, 29 Desember 2013

Hadiah nobel 'untuk individu terbaik'

Hadiah nobel 'untuk individu terbaik'

higgs englert

Profesor Peter Higgs berbicara dengan rekannya dari Belgia, Francois Englert.

Royal Society -lembaga terkemuka di bidang sains, teknik dan kedokteran- mengatakan sistem pemilihan pemenang Hadiah Nobel tidak boleh diubah, meski ada tekanan dari beberapa pihak yang menginginkan reformasi.

Presiden Royal Society, Sir Paul Nurse, mengatakan hadiah ini harus terus diberikan kepada individu terpilih, bukannya kepada satu tim atau organisasi.

Komentar ini sebagai reaksi atas kritikan beberapa orang yang mengatakan bahwa lembaga penelitian CERN seharusnya mendapatkan hadiah Nobel Fisika tahun ini.

Ribuan peneliti di Large Hadron Collider telah terlibat dalam penemuan Higgs tahun 2012.

"Sering ada tim besar yang terlibat, tetapi mengakui prestasi individu dapat memiliki dampak yang kemungkinan tidak bisa didapat bila kita mengakui suatu kelompok," katanya kepada BBC News.

Tahun ini, Klik Profesor Peter Higgs dan Francois EnglertKlik menerima hadiah Nobel Fisika dari Raja Swedia pada upacara penuh kemegahan.

Namun ada empat orang lain yang memberikan kontribusi signifikan terhadap teori mereka yang menjelaskan bagaimana partikel dasar bisa memiliki massa. Teori ini kemudian dikenal sebagai mekanisme Higgs.

'Bintang Rock'

Pada April 2013, salah satu dari mereka yaitu Profesor Carl Hagen mengatakan kepada BBC News bahwa ketika penemuan itu diumumkan di CERN, Peter Higgs "diperlakukan seperti bintang rock" oleh sesama ilmuwan "sedangkan sisanya nyaris tidak dikenal."

Profesor Hagen berkomentar jauh sebelum pemenang Hadiah Nobel untuk fisika tahun ini diumumkan bahwa dia tidak keberatan jika tidak memenangkan penghargaan.

"Tapi dengan pemberian penghargaan hanya ke beberapa orang, Anda mengurangi kenyataan bahwa kita semua kontribusi dalam beberapa cara yang sangat penting untuk penemuan ini," katanya.

Beberapa orang berpendapat bahwa sistem pemberian Hadiah Nobel harus diubah, meskipun Yayasan Nobel mengatakan bahwa hadiah harus diberikan tidak lebih kepada tiga orang.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls