Senin, 27 Januari 2014

Data Laut Dalam Penting bagi Penelitian Perubahan Iklim

Data Laut Dalam Penting bagi Penelitian Perubahan Iklim

Bagian terdalam lautan menyimpan begitu banyak rahasia yang bisa membantu dalam penelitian tentang perubahan iklim. Hingga kini data akurat tentang laut dalam masih bisa belum dikumpulkan, dan inilah salah satu topik yang tengah dibahas para ilmuwan di Hobart, Tasmania.

Menurut ilmuwan Jessie Ausubel, laut dalam hanya menjadi rumah seperlima makhluk hidup di bumi, namun laut dalam juga merupakan habitat terluas di planet ini.

Sedangkan Bob Weller dari Institusi Oseanografi Woods Hole di Amerika Serikat menyatakan bahwa saat ini kemajuan teknologi belum mencukupi untuk  memungkinkan sekadar mengukur suhu atau salinitas laut dalam.

Para peneliti amat tertarik pada sistem yang saling menanggapi antara atmosfir dan lautan. Karbon diserap oleh lautan, dan menurut Doktor Susan Wijffles dari lembaga penelitian Australia CSIRO di Hobart, penting bahwa perubahan-perubahan di laut dalam dipahami oleh para ilmuwan.

"Awalnya, para peneliti menyangka bahwa p enghangatan di bumi bisa diukur dengan mengukur bagian atas air laut, namun ternyata kenaikan suhu juga terjadi di bagian laut terdalam," jelas Wijffels.

Sejak 1999, para ilmuwan menggunakan alat pengukur jarak jauh bernama Argo floats. Alat berbentuk roket ini dikirim sejauh dua kilometer di bawah permukaan. Namun, Wijffels berharap akan bisa menggunakan Argo float yang bisa mencapai kedalaman 6 kilometer di bawah permukaan.

Prototipe alat tersebut akan diuji musim dingin ini, dengan cara ditenggelamkan dari kapal Selandia Baru.

“Kita berharap bisa mencapai lokasi dengan permukaan datar di barat daya Pasifik, yang amat dalam, namun datar. Dan di sana kita bisa menguji sensor dengan membandingkannya dengan sistem berbasis kapal, yang amat akurat. Kita berharap akan bisa menggunakan sejumlah Deep Float di sana, hingga kita bisa membandingkan sensor dari float dengan sensor di kapal yang amat akurat,” jelas Wiffles.

Saat ini, Argo float akan digunak an untuk mengukur suhu dan salinitas.

Wijffels berharap akan bisa menggunakan ratusan alat ‘float’ untuk laut dalam untuk mengungkap rahasia yang tersembunyi di sana.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
Tribunnews.com - Internasional

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls