Senin, 27 Januari 2014

Mengapa kangkung jadi polemik di Malaysia?

Mengapa kangkung jadi polemik di Malaysia?

najib

Perdana Menteri Najib Razak dan keluarganya banyak dikritik karena gaya hidup"berlebihan"

Siapa yang mengira jika kangkung bisa memicu kehebohan di Malaysia.

Berawal dari pernyataan Perdana Menteri Najib Razak pada awal bulan Januari yang mengatakan bahwa harga bahan makanan berfluktuasi tapi harga kangkung justru turun.

Â"Ketika hal ini terjadi, mereka tidak mau memuji pemerintah, tapi kalau harga naik mereka menyalahkan pemerintah…Ini tidak adil karena ini tergantung pada kondisi cuaca,Â" kata Najib dalam rekaman video.

Pernyataan itu memicu keriuhan di media sosial namun lelucon soal kangkung ini sekaligus menimbulkan ketakutan akan kemungkinan ketegangan rasial antara mayoritas etnis Melayu dan etnis Cina, seperti dilaporkan wartawan BBC Jennifer Pak.

Komentar Najib itu juga dipandang tidak sensitif dengan kondisi rakyat Malaysia yang berjuang menghadapi meningkatnya biaya hidup.

Subsidi dipangkas

Kangkung

Pengamat mengatalan istilah kangkung dianggap merendahkan

Dalam beberapa bulan terakhir, Najib memangkas subsidi gula, minyak tanah dan listrik serta mengumumkan bahwa rakyat Malaysia harus membayar pajak konsumsi lebih besar mulai tahun depan.

Reformasi ini dianggap perlu oleh para pakar ekonomi karena Malaysia tidak sanggup membelanjakan miliaran dollar per tahun untuk subsidi demi menjaga agar biaya hidup tetap rendah.

Namun sebagian rakyat Malaysia merasa pemangkasan subsidi tidak diperlukan jika pemerintah tidak menghabiskan uang pembayar pajak untuk korupsi dan kesalahan manajemen.

Media online independen pun kerap mempertanyakan pengeluaran Najib dan keluarganya, termasuk penggunaan pesawat jet pemerintah oleh istrinya.

Istilah merendahkan

Jadi ketika perdana menteri menekankan turunnya harga sayuran yang bukan merupakan makanan pokok, banyak warga Malaysia merasa hal itu tidak melegakan.

Mereka melampiaskan frustrasi mereka dalam poster, puisi, grafis dan video yang menyindir Najib dan pernyataannya soal kangkung. Bahkan kaos bertuliskan Â"Keep calm and eat kangkungÂ" banyak dijual.

Analis Wan Saiful Wan Jan mengatakan komentar Najib sebenarnya tidak salah karena pemerintah memang kurang mendapat penghargaan, namun sayuran yang dipilihnya salah.

Kangkung di Malaysia adalah istilah yang merendahkan karena sayuran itu harganya murah dan tumbuh liar di sepanjang tepi sungai atau got, kata Wan Saiful.

Â"Profesor Kangkung misalnya, berarti akademisi kelas rendah. Jadi ketika Najib menggunakan istilah kangkung sebagai analogi, sama saja ia mengundang orang untuk mengejek dirinya,Â" kata Wan Saiful.

Sedangkan sejumlah warga Malaysia mengatakan kepada BBC bahwa polemik kangkung itu "berlebihan."



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls