Senin, 27 Januari 2014

NSA mata-matai perusahaan global

NSA mata-matai perusahaan global

edward snowden

Snowden melarikan diri dari Amerika Serikat pada Mei tahun lalu.

Pembocor rahasia intelijen Edward Snowden menuduh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) terlibat dalam spionase industri.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Jerman ARD TV, mantan kontraktor NSA itu mengatakan NSA akan memata-matai perusahaan global Jerman yang bersaing dengan perusahaan Amerika Serikat.

Snowden, yang kini Klik mendapat suaka sementara dari Rusia, juga percaya bahwa pejabat AS ingin membunuhnya.

Informasi yang dibocorkan Snowden menimbulkan kemarahan di Jerman, khususnya ketika diketahui bahwa ponsel Kanselir Angela Merkel disadap.

Tuduhan baru Snowden tentang spionase industri akan semakin menyulitkan pemulihan kepercayaan antar dua negara itu, kata Wartawan BBC Stephen Evans melaporkan dari Berlin.

Merujuk pada perusahaan Siemens, Snowden mengatakan kepada ARD: "Jika ada informasi di Siemens yang mereka [NSA] pikir akan menguntungkan kepentingan nasional - bukan kepentingan keamanan nasional - mereka akan mencari informasi itu dan mengambilnya."

Pada Agustus lalu, Rusia memberikan suaka pada Snowden selama satu tahun, setelah dia membocorkan rincian program pengintaian.

AS telah mendakwa Snowden dengan kasus pencurian properti pemerintah, komunikasi yang tidak sah atas informasi pertahanan nasional dan komunikasi yang disengaja atas informasi rahasia intelijen.

Setiap tuduhan dapat mengganjarnya dengan hukuman penjara maksimum 10 tahun. Awal pekan ini dia mengatakan dia "tidak memiliki peluang" untuk disidang secara adil di AS dan Klik tidak memiliki rencana untuk kembali ke sana.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls