Selasa, 13 Mei 2014

5 Fakta Unik Tentang Rumah Makan Padang

5 Fakta Unik Tentang Rumah Makan Padang


Rumah makan Padang


5 Fakta Unik Tentang Rumah Makan Padang - Rumah makan Padang menjamur hampir di seantero nusantara. Bahkan ada juga beberapa di luar negeri, semisal rumah makan salero minang di Rotterdam, Belanda.


Rumah makan Padang sendiri adalah sebutan rumah makan yang masakannya berasal dari Sumatera Barat. Baik itu resep masakannya berasal dari Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, ataupun Solok.

Kehebatan rumah makan Padang tak lepas dari menu masakan yang selalu memicu selera makan. Saat menikmati enaknya gulai tunjang, orang-orang seakan lupa persoalan asam urat atau kolestrol yang mengintai mereka.

Tapi kesampingkan dulu persoalan nikmatnya menu-menu yang ada di etalase rumah makan padang. Sebab ada beberapa hal yang menarik selain menunya yang membuat anda menelan ludah.

Berikut 5 Fakta Unik Tentang Rumah makan Padang yang dihimpun oleh merdeka.com:


1. Foto Kakek berkopiah hitam

Foto kakek berkopiah hitam atau bagi orang Minang dikenal dengan foto Ungku Saliah sering dijumpai di beberapa tempat rumah makan padang. Dia terpajang rapi di dinding rumah makan atau restoran tersebut.

Jika menjumpai foto Ungku Saliah di beberapa tempat rumah makan padang, maka dapat dipastikan bahwa pemilik rumah makan padang itu berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah orang keramat. Memajang fotonya bagi sebagian orang akan mendatangkan rezeki. 

Sementara sebagian lagi hanya sebagai identitas asal mereka. Ada juga yang ikut-ikutan tanpa tahu awalnya.


2. Rendang menjadi makanan paling enak di dunia

Bagi mahasiswa atau pelajar perantau Minang, rendang adalah makanan awet yang bisa bertahan selama seminggu bahkan lebih. Tak heran, kalau rendang menjadi lauk wajib yang dibawa mahasiswa dan pelajar perantau Minang dari kampung mereka.

Tak hanya itu, situs travel kantor berita dunia CNN bahwa rendang menjadi menu terlezat di dunia.Menu khas di rumah makan padang ini dipilih CNN dari hasil survei melalui akun CNN di laman jejaring sosial dengan menjaring lebih dari 35.000 suara para traveller dari seluruh dunia.Hebat bukan?


3. Daun singkong dan gulai nangka

Di Pulau Jawa, daun singkong dan gulai nangka tak dapat dipisahkan jika membeli nasi padang dibungkus atau makan di tempat. Dua menu tersebut menjadi pelengkap wajib dalam sajian nasi padang. 

Namun, di tempat asalnya, Sumatera Barat, daun singkong malah jarang dipasangkan dengan gulai nangka. 

Di salah satu rumah makan padang kota Padang misalnya, Anda bisa saja mendapatkan daun singkong sebagai sayur pelengkap di porsi nasi anda, tapi tidak dengan gulai nangka. Begitu juga sebaliknya.


4. Beda Nasi Kapau dan Nasi Pauh

Ini hanya persoalan nama belaka, masalah menu tidak jauh berbeda, sebab mereka sama-sama berasal dari Sumatera Barat. Tapi masing-masing punya keistimewaan.

Sebutan nasi Kapau adalah nasi yang berasal dari daerah Kapau, Bukittinggi, Sumatera Barat. Sekilas tak ada yang berbeda dengan nasi padang umumnya, namun perbedaannya terletak pada bumbu yang lebih khas dari pada nasi padang umumnya. 

Nasi Kapau lebih banyak menyajikan menu yang berasal dari daging sapi atau daging kerbau, seperti gulai tunjang misalnya. Ciri khas lain dari nasi kapau adalah gulai nangka menjadi menu wajib yang ada di rumah makan padang kapau.

Sedangkan nasi Pauh atau lebih dikenal dengan Rumah makan padang Pauh adalah rumah makan yang berasal dari Pauh, Pariaman. Menunya sama dengan masakan padang umumnya, namun yang membedakan adalah kenikmatan gulai kepala ikan. Ikan yang disajikan selalu ikan laut. 

Tak heran, sebab Pariaman merupakan daerah pesisir yang memiliki banyak pasokan ikan laut.


5. Di Padang malah tidak ada rumah makan Padang

Percayalah, anda akan kesulitan menemukan rumah makan atau restoran yang bertuliskan rumah makan Padang saat mendaratkan kaki di Sumatera Barat. Sebab, di Sumatera Barat sendiri, Rumah makan atau restoran tidak memakai embel-embel masakan padang atau Rumah makan padang.

Yang dapat anda jumpai di Sumatera Barat adalah rumah makan pauh yang membuat bayangan anda langsung tertuju nikmatnya gulai kepala ikan laut yang disajikan. Dan,'rumah makan kapau yang membuat anda terkenang dengan gulai tunjang yang menambah selera makan bahkan kolestrol.

Selain itu, Anda juga menemukan rumah makan Ampera. Sebutan rumah makan Ampera tak lain berasal dari Amanat perjuangan Rakyat. Rumah makan ini menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada rumah makan umumnya.



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls