Rabu, 14 Mei 2014

7 Seragam Gaul Anak SMA Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

7 Seragam Gaul Anak SMA Di Indonesia Dari Masa Ke Masa - Tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah. Tentunya kamu tahu benar lagu itu kan? Pastinya juga tak sedikit di antara kamu yang begitu memuji indahnya masa-masa SMA.

SMA memang selalu lekat dengan momen paling bahagia dalam hidup. Saat SMA, kamu akan mengenal yang namanya cinta dan menemukan seperti apa mimpimu nanti.

Saat SMA kamu akan melakukan banyak kesalahan dan kelak ketika dewasa menyadari itu semua. Karena itulah seragam pelajar SMA berwarna abu-abu. Warna yang masih bingung hitam atau putih.

Berbicara soal seragam SMA, Indonesia sudah menjalani banyak sekali era. Selama era-era itu pula, seragam SMA sudah bertransformasi. Tentu saja seragam SMA yang dipakai orangtua-mu akan berbeda dengan yang kamu pakai sekarang.

Penasaran seperti apa seragam SMA antara jaman dulu dan sekarang? Dilansir berbagai sumber, berikut ini ulasan 7 Seragam Gaul Anak SMA Di Indonesia Dari Masa Ke Masa


1. 70-an Masih Jadul


Seragam Gaul Anak SMA



Jika kamu memperlihatkan foto ini kepada orangtuamu, mungkin mereka akan tertawa. Tenang saja, efek sephia dalam foto ini tidak dibuat-buat. Karena memang seperti inilah cara foto di era 70-an dulu. Masih hitam putih.

Kendati hitam-putih, kamu masih bisa melihatnya bagaimana para pelajar SMA di era 70-an dulu. Seragam saat masa itu sangatlah sopan sekali. Para pria memakai kemeja putih dengan ukuran besar sampai ke bagian sikut mereka. Baik cewek atau cowok harus memakai yang namanya sabuk.

Seluruh celana dan rok harus dipasang ikat pinggang di atas perut mereka. Tidak ada yang namanya baju atasan yang 'gombrong-gombrong' keluar dari celana atau baju. Semua harus sopan, tertutup, dan rapi. Sedikit jadul? Memang itu faktanya. Namun mereka keren lho, apalagi yang memiliki kumis.


2. 80-an Retro Banget


Seragam Gaul Anak SMA


Era 80-an kerap kali disebut sebagai era retro. Semua hal seakan berbau retro alias vintage. Pada masa itu seragam SMA di Indonesia tak terlalu banyak berbeda dengan era 70-an. Mungkin hanya kali ini foto-fotonya sudah berwarna.

Para pelajar SMA era tahun 80-an masih mengikuti style senior mereka di tahun 70-an. Di mana kerapian adalah masih yang menjadi utama. Jadi penggunaan ikat pinggang tetap menjadi hal utama. Lihat bagaimana seluruh pelajar masih menjaga kerapian dalam seragam mereka.


3. 90-an Wajib Rapi


Seragam Gaul Anak SMA


Era 90-an sepertinya Indonesia mulai memberikan aturan baru dalam sekolah. Di mana seluruh pelajar harus memakai atribut lengkap dalam seragam mereka mulai era ini. Mulai dari berapa panjang rok pelajar SMA, sampai bagaimana ikat pinggang yang mereka pakai.

Kebanyakan para pelajar era 90-an memakai ikat pinggang, tinggi kaos kaki sampai sepatu yang hampir serupa. Topi SMA juga menjadi salah satu atribut yang tak boleh terlupakan. Untuk era ini kemeja yang dipakai cewek atau cowok sama-sama memiliki bentuk yang sedikit lebih besar sampai bagian sikut mereka.

Namun tetap saja tampil rapi dengan dimasukkan ke celana atau rok. Serta sopan dengan panjang rok tetap di lutut. Nah, siapa yang SMA di era 90-an pernah memakai seragam seperti ini?


4. 2000 Awal Era AADC


Seragam Gaul Anak SMA


Era 2000-an adalah masa reformasi. Tentunya seragam SMA juga mendapatkan perubahan di sini. Meledaknya film ADA APA DENGAN CINTA, sedikit banyak memberikan pengaruh bagi para pelajar SMA di era 2000 awal.

Rok-rok para cewek pun mulai sedikit ketat dengan mencapai panjang sedikit di atas lutut. Lalu baju yang mereka pakai pun tidak kedodoran seperti para senior di era 90-an. Para pelajar SMA di era 2000 awal ini juga tampak terinspirasi dengan bagaimana cara Cinta dan kawan-kawan memakai seragam.

Kamu tentu ingat dengan panjang kaos kaki Cinta yang menjadi trend di kalangan anak SMA waktu itu kan? Atau mungkin gaya cuek Rangga yang membiarkan baju kemeja sekolahnya terlepas dari ikatan celananya. Semakin cuek cowok, semakin keren dia. Itulah yang dipelajari dari Rangga.


5. Mendekati Era 2010


Seragam Gaul Anak SMA


Mendekati era 2010, seragam para pelajar SMA mulai beragam. Masih ada yang terpengaruh seragam SMA gaul ala AADC, namun tak sedikit yang memilih tampil rapi. Tentunya tampil rapi pelajar era 2005-2010 berbeda dengan mereka di era 90-an.

Kamu tak perlu memakai baju atasan berukuran besar, sedikit kecil namun tidak boleh terlalu ketat. Bagian rok untuk pelajar SMA pun mulai beragam, ada yang rok pendek dan ada pula yang rok panjang. Rapi menjadi hal yang identik, meskipun tampil cuek tetap saja maksimal. Kamu menjadi pelajar di era ini?


6. Imbas Sinetron?


Seragam Gaul Anak SMA


Mulai tahun 2010, perkembangan seragam pelajar SMA semakin unik saja. Banyaknya judul sinetron yang mengusung kisah anak SMA, memberikan warna bagi perkembangan seragam SMA. Jika dulu seragam SMA identik putih abu-abu maka kini tidak lagi.

Kamu akan menemukan seragam SMA dengan konsep yang jauh lebih modern. Ada yang bermotif kotak-kotak, bahkan ada yang memakai cardigan. Ya, memang itu hanya sinetron namun faktanya memang ada SMA yang benar-benar memiliki model seragam unik ala sinetron.

Hayo, kamu pelajar SMA era 2010-an, seperti apa nih model seragammu?


7. Seragam Masa Kini


Seragam Gaul Anak SMA


Seragam SMA masa kini memang masihlah sama dengan jaman dulu. Kamu yang bersekolah di SMA negeri tentunya memakai seragam SMA berwarna abu abu putih. Hanya saja banyak sekali orang yang mencibir seragam SMA masa kini, terutama seragam para cewek.

Beberapa orang menilai seragam SMA jaman sekarang terlalu ketat dan mini untuk para cewek. Saking ketatnya, ada yang sampai memperlihatkan bentuk tubuh mereka. Memang sih tidak semua, namun faktanya cukup banyak ditemukan model seragam SMA seperti itu.

Jadi menurutmu, seperti apa model seragam SMA masa kini? Keren? Norak? Biasa saja atau Alay?



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls