Jumat, 09 Mei 2014

7 Fakta Unik Tentang Kentang

7 Fakta Unik Tentang Kentang


Fakta Kentang


7 Fakta Unik Tentang Kentang - Kamu pasti sering makan kentang,kan? Tapi tahukah kamu kalau terdapat fakta-fakta unik dan menarik seputar kentang yang belum kamu tahu berikut ini?



1. Kentang dan Suku Inca

Ternyata, kentang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman sayur ini diperkenalkan oleh bangsa Spanyol sampai akhirnya meluas dan terkenal sebagai tanaman khas Irlandia. Selain itu, masyarakat Suku Inca juga sudah menanam kentang sejak tahun 200 sebelum masehi.


2. Ramah Lingkungan

Kentang merupakan tanaman yang gampang tumbuh tanpa harus diberikan pupuk atau zat kimia perangsang pertumbuhan. Oleh karena itu, kamu bisa menanamnya di mana saja tanpa perlu memerlukan pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk buatan.


3. Ditanam di Luar Angkasa

Tahukah kamu kalau ternyata kentang juga pernah ditanam di luar angkasa pada tahun 1995 dengan menggunakan media kapal ulang alik Columbia. Tanaman inilah yang menjadi sumber makanan utama para astronot yang sedang bertualang di luar angkasa sana. Hebat, kan?


4. Kentang Goreng Pertama

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan? Tapi, tahukah kamu kalau kentang goreng pertama diperkenalkan oleh Amerika Serikat dan disajikan pertama kalinya kepada Presiden Amerika Serikat Thomas Jefferson pada tahun 1801.


5. Makanan Pokok ke-4

Kentang merupakan makanan pokok ke-4 setelah makanan pokok lainnya seperti beras, jagung, dan gandum. Amerika Serikat merupakan Negara dengan warga terbanyak yang mengonsumsi kentang dengan perhitungan konsumsi kentang 60 kg per tahunnya.


6. Racun Kentang

Kentang digolongkan ke dalam jenis sayuran. Kentang juga hanya memiliki bagian padat sebanyak 20% dan sisanya adalah bagian cair. Meskipun begitu, daun kentang sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung racun glycoalkaloid yang bisa merupakan bagian pertahanan alami kentang.


7. Obat Penyakit Otak dan Ginjal

Kentang tidak hanya memberikan energi untuk menambah stamina saat beraktivitas, tapi juga memberikan manfaat sebagai obat sekaligus pencegah penyakit otak dan ginjal. Kandungan magnesium di dalamnya mampu mencegah penyumbatan ginjal dan kandungan zat besi serta tembaganya mampu menutrisi otak lebih baik.

Nah, itulah 7 Fakta Unik Tentang Kentang. semoga menambah wawasan anda.


0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls