Kamis, 29 Mei 2014

5 Pelatih Sepakbola Paling Sukses Di Liga Champions

5 Pelatih Sepakbola Paling Sukses Di Liga Champions - Madrid baru saja berhasil menjadi juara Liga Champions untuk ke 10 kalinya, setelah mengalahkan Atletico Madrid 4-1 di final

Selain itu, sosok di balik suksesnya Madrid juga terletak pada sang pelatih, Carlo Ancelotti. Ancelotti juga sukses mencetak hattrick dalam hal meraih trofi Champions sebagai pelatih.

Namun Ancelotti tidak sendiri yang mendulang sukses meraih gelar juara Champions. Berikut ini 5 Pelatih Sepakbola Paling Sukses Di Liga Champions yang dilansir dari merdeka.com, Selasa (27/5):


1.Robert Paisley

Pelatih Sepakbola Paling Sukses


Liverpool sepertinya harus berterima kasih terhadap Robert "Bob" Paisley. Alasannya adalah, tiga dari lima gelar trofi Champions yang dimiliki Liverpool adalah berkat tangan dingin Bob Paisley. Liverpool dibawanya juara pada tahun 1977, 1978, dan 1983.

Selain itu, dirinya juga amat begitu loyal kepada The Reds. Tercatat, sepanjang karier sepak bolanya, pria yang juga pernah menjabat sebagai physiotherapist ini, hanya bermain dan melatih di Liverpool.

Dalam 9 tahun kariernya sebagai manajer dari kurun waktu 1974 hingga 1983, dirinya berhasil meraih enam juara liga, tiga trofi Champions, satu trofi Piala UEFA, dan tiga trofi Piala Liga. Kemudian juga pernah lima kali juara Community Shields dan satu kali juara Piala Super Eropa.


2.Miguel Munoz

Pelatih Sepakbola Paling Sukses

Miquel Munoz bisa dikatakan sebagai pelatih Real Madrid paling sukses. Sebab selain pernah melatih Los Blancos selama 14 tahun, dari tahun 1960 hingga 1974, Munoz juga telah membawa Madrid sembilan kali juara La Liga.

Di tingkat Eropa Madrid adalah tim pertama yang menjadi juara Liga Champions. Kemudian menjadi tim pertama dengan juara lima kali berturut-turut. Menariknya, Munoz terlibat dalam di dalamnya. Dengan tiga kali juara sebagai pemain (1955/56, 1956/57, 1957/58), dan dua kali sebagai pelatih (1959/60 dan 1965/66)

Bahkan surat kabar asal Spanyol, Marca, membuatkan penghargaan dengan nama Miguel Munoz Trofi pada tahun 2006 lalu untuk memperingati sang legenda.


3.Jupp Heynckes

Pelatih Sepakbola Paling Sukses

Nama selanjutnya adalah pelatih yang musim lalu membawa juara Liga Champions untuk kelima kalinya sepanjang sejarah klub. Ini juga untuk kedua kalinya bagi pelatih berusia 69 tahun tersebut.

16 tahun lalu, Heynckes pernah membawa Real Madrid juara di ajang yang sama setelah mengalahkan wakil Italia, Juventus, di Amsterdam Arena, dengan skor 1-0.


4.Jose Mourinho

Pelatih Sepakbola Paling Sukses

Siapa yang tak mengenal pelatih satu ini? Pria yang kini berjuluk The Happy One juga menjadi salah satu pelatih tersukses di Liga Champions.Namanya mencuat ketika berhasil mengantarkan FC Porto merengkuh trofi Liga Champions di tahun 2004.

Ketika itu Porto berhasil mengalahkan Monaco di final dengan skor 3-0.Kesuksesan selanjutnya, pelatih yang kerap memberikan komentar pedas ini, ketika memenangkan tim asal Milan, Inter Milan Inter dibawanya juara Liga Champions pada 2010, sekaligus memberikan treble winners.

Dengan demikian I Nerazzurri menjadi tim Italia pertama yang berhasil meraih treble.


5.Pep Guardiola

Pelatih Sepakbola Paling Sukses

Terakhir ada nama Joseph Guardiola, atau biasa dipanggil Pep. Pep begitu dikenal karena permainan tiki-takanya yang menjadi senjata kejayaan era Pep di Barcelona.

Dengan taktiknya tersebut, dimusim pertama, Pep langsung memboyong semua turnamen yang dijalani Barcelona termasuk juara Liga Champions.

Trofi Champions kedua Pep juga saat menukangi Barca, terjadi pada tahun 2011. Uniknya gelar Champions Pep diraih setelah mengalahkan Manchester United dalam dua kali final.

Saat masih bermain bersama Barca, Pep juga pernah menjadi juara pada tahun 1992, ketika di final menang atas Sampdoria, 1-0.


Sumber : merdeka.com

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls