Senin, 12 Mei 2014

5 Gua Paling Panjang Di Dunia

5 Gua Paling Panjang Di Dunia - Bagi mereka yang suka berpetualang ke alam liar, gua menjadi salah satu tempat yang paling asyik untuk dijelajahi lebih dalam.Setiap gua tentu memiliki karakteristik tertentu yang membuat mereka berbeda antara satu dengan lainnya.

Nah, berikut adalah 5 Gua Paling Panjang Di Dunia yang didasarkan pada data verifikasi terbaru, yang dilansir oleh Wikipedia. Mari kita simak bersama!



1. Mammoth Cave National Park


Gua Paling Panjang



Mammoth Cave National Park adalah sebuah taman nasional yang berada di pusat Kentucky. Taman nasional ini meliputi bagian-bagian dari Mammoth Cave, sistem gua paling panjang di dunia dengan panjang mencapai 651,8 km.

Sistem tersebut memiliki nama resmi Mammoth-Flint Ridge Cave System. Tempat ini kemudian didirikan sebagai taman nasional pada tanggal 1 Juli 1941, dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia pada tanggal 27 Oktober 1981. Menempati area seluas 52.830 acre, Mammoth Cave National Park sengaja didirikan untuk melestarikan sistem gua terpanjang di dunia tersebut.

Jika Anda berpikir bahwa nama gua ini diambil karena ada fosil mammoth yang ditemukan di gua tersebut, Anda salah.Tidak ada fosil mammoth yang pernah ditemukan di Mammoth Cave, dan nama gua itu sendiri tidak ada hubungannya dengan mamalia raksasa yang sudah punah ini. Sebaliknya, nama "Mammoth" mengacu pada ukuran lebar dan panjang gua yang sangat besar.


2. Sistema Sac Actun


Gua Paling Panjang


Dalam bahasa Spanyol, Sistema Sac Actun berarti Sistem Gua Putih. Sistema Sac Actun merupakan sebuah sistem gua bawah air yang terletak di sepanjang pantai Karibia di Semenanjung Yucatan dan memanjang sampai ke utara dan barat desa Tulum, Quintana Roo, Meksiko. Gua ini ditemukan pada 1987.

Pada bulan Maret 2008, tiga anggota tim penyelam Proyecto Espeleologico de Tulum and Global Underwater Explorers, Alex Alvarez, Franco Attolini, dan Alberto Nava, menjelajahi salah satu bagian dari Sistema Sac Actun, yang dikenal sebagai lubang Hoyo Negro.

Pada kedalaman 57 meter, para penyelam menemukan sisa-sisa mastodon. Sementara itu, pada kedalaman 43 meter, mereka menemukan sisa tengkorak manusia yang kemungkinan menjadi bukti tertua tentang adanya manusia purba di daerah tersebut.


3. Jewel Cave


Gua Paling Panjang


Jewel Cave sendiri merupakan bagian dari Jewel Cave National Monument. Gua paling panjang ketiga di dunia ini ditemukan pada tahun 1979 dan memiliki luas mencapai 267,6 km. Jewel Cave terletak sekitar 21 km di barat kota Custer di Black Hills, South Dakota.

Kemudian, itu dijadikan monumen nasional pada tahun 1908. Pada tahun 1979, Herb dan Jan Conn berhasil menemukan, menamai, dan memetakan lebih dari 103 km lorong gua ini. 

Meskipun mereka akhirnya pensiun dari kegiatan caving yang biasa mereka lakukan pada awal 1980-an, eksplorasi tersebut terus berlanjut. Karena daerah yang dieksplorasi membutuhkan banyak waktu untuk dijelajahi, para penjelajah sekarang kadang-kadang berkemah di dalam gua selama ekspedisi berlangsung, setidaknya selama empat hari.


4. Sistema Ox Bel Ha


Gua Paling Panjang


Sistema Ox Bel Ha memiliki panjang hingga 256,7 km. Gua ini terletak di dekat Tulum, Quintana Roo, Meksiko. Nama Sistema Ox Bel Ha sendiri berasal dari bahasa Maya yang bermakna "Tiga Jalur Air".

Ini adalah sebuah sistem gua di Quintana Roo, Meksiko. Dikenal sebagai gua bawah air terpanjang yang berhasil dieksplorasi di dunia, pada Januari 2014 lalu, panjang gua yang sukses disurvei mencapai 256,9 kilometer dari bagian bawah air.


5.Optymistychna Cave


Gua Paling Panjang


Optymistychna Cave memiliki panjang hingga 236 km dan terletak di dekat desa di Ukraina, Korolivka, Borschiv Raion, Ternopil Oblast. Gua yang ditemukan pada 1966 ini merupakan gua paling panjang di Eurasia dan juga gua gipsum terpanjang di dunia. Optymistychna juga dikenal sebagai gua labirin. 

Kompleks gua ini ditemukan oleh para penjelajah gua dari speleological club Lviv "CYCLOPE" pada tahun 1966, yang sudah mempelajari kompleks gua ini selama lebih dari 40 tahun.

Tercatat ada lebih dari 50 ekspedisi yang dilakukan sejak saat itu, tetapi kegiatan eksplorasi terus melambat dalam beberapa tahun terakhir, dan sangat sedikit survei yang dilakukan saat ini.

Inilah 5 Gua Paling Panjang Di Dunia. Tertarik untuk mengunjunginya?



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls