Sabtu, 03 Mei 2014

5 Mamfaat Paling Mengejutkan Mendengarkan Musik

5 Mamfaat Paling Mengejutkan Mendengarkan Musik


Mendengarkan Musik


5 Mamfaat Paling Mengejutkan Mendengarkan Musik - Musik disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Musik tak hanya merupakan bentuk dari seni dan bisa digunakan untuk bersenang-senang, namun juga bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah 5 Mamfaat Paling Mengejutkan Mendengarkan Musik seperti dilansir oleh Daily Health Post (21/04).


1. Musik menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.


2. Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.


3. Baik untuk kesehatan jantung

Anda mungkin berpikir bahwa musik tak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik.

Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.


4. Meredakan sakit

Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.


5. Memperkuat daya ingat

Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

Nah, itulah 5 Mamfaat Paling Mengejutkan Mendengarkan Musik.Jangan remehkan kekuatan musik. Mendengarkan musik tak hanya sekedar hobi atau karier, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan fisik. Sudah mendengarkan musik apa Anda hari ini?



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls