Kamis, 08 Mei 2014

7 Zat Kimia Paling Berbahaya Yang Tersembunyi Pada Rokok

7 Zat Kimia Paling Berbahaya Yang Tersembunyi Pada Rokok




7 Zat Kimia Paling Berbahaya Yang Tersembunyi Pada Rokok - Bukan rahasia lagi bahwa rokok memiliki efek buruk pada kesehatan manusia. Bahkan perokok berat pun sudah mengetahui bagaimana rokok bisa mempengaruhi kesehatan. Baca Juga : 10 Penyakit Paling Berbahaya Yang Disebabkan Rokok.

Namun hal ini tak menghentikan mereka untuk merokok. Zat kimia berbahaya dalam rokok tak sekedar nikotin saja. Masih ada banyak zat kimia berbahaya yang beracun dan bahkan bisa memicu kanker.

Selain itu, jangan berpikir bahwa rokok hanya berpengaruh terhadap paru-paru. Setiap isapan rokok bisa masuk sirkulasi darah dan mempengaruhi semua organ tubuh termasuk jantung.

Bahkan perokok pasif yang menghirup asap rokok juga memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan mereka karena bahan kimia berbahaya yang ada dalam asap tersebut.

Berikut adalah 7 Zat Kimia Paling Berbahaya Yang Tersembunyi Pada Rokok, seperti dilansir oleh Boldsky (05/05). Salah satunya adalah Hydrogen Cyanide (HCN), yaitu zat kimia berbentuk gas yang pernah digunakan oleh NAZI untuk membunuh orang-orang Yahudi dalam kamar gas! Ketahui seluruh zat berbahaya dalam rokok berikut ini!



1.Benzene atau bensol

Benzene adalah bahan kimia yang biasanya ditemukan dalam pestisida atau bensin. Namun paparan benzene yang paling sering terjadi pada manusia dan dalam jumlah yang banyak adalah melalui rokok. Biasanya benzene atau bensol juga terdapat dalam dashboard mobil atau pewangi ruangan.

Benzene atau bensol adalah salah satu zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Pada awalnya benzene bisa menyebabkan rasa ngantuk, pusing, sakit kepala, denyut jantung semakin cepat, dan lainnya. Namun efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan menyerang sumsum tulang belakang.


2.Formaldehida

Anda tentu sudah tak asing dengan bahan kimia yang satu ini. Formaldehida atau biasa disebut metanal atau formalin merupakan bahan kimia yang berbahaya. Senyawa kimia ini beracun dan mudah terbakar, bahkan ketika formalin berwujud gas dalam ruangan.

Selain digunakan sebagai pengawet, formaldehida atau formalin juga terdapat dalam rokok dan bisa menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Formalin diketahui bisa memicu kanker, serta menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi pada hidung, mata, dan tenggorokan ketika seseorang merokok.


3.Vinyl Chloride

Vinyl chloride adalah senyawa organik yang biasanya digunakan pada filter rokok. Meski hanya terdapat dalam filter saja, namun bahan ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena sifat karsinogen yang dimilikinya.

Pada jangka panjang, vinyl chloride isa menyebabkan kanker. Bahkan paparan vinyl chloride dalam jangka pendek dan dosis yang tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan sumsum tulang belakang. Dalam jangka panjang, zat ini bisa memicu kanker dan tumor.


4.Ammonia

Ammonia adalah zat kimia yang biasanya digunakan dalam produk-produk pembersih. Tak jarang ammonia digunakan pada produk-produk kecantikan seperti shampo untuk meningkatkan aromanya. Jika terhirup terlalu banyak, ammonia bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan iritasi pada saluran pernapasan.

Dalam rokok, ammonia juga akan meningkatkan efek beracun dari nikotin. Untuk itu zat ini bersifat racun dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Mengisap rokok yang mengandung ammonia dan nikotin akan merusak paru-paru Anda.


5.Cadmium

Cadmium mungkin hanya dikenal banyak orang lewat buku kimia. Namun kenyataannya, zat-zat kimia ini ada di sekitar kita tanpa kita sadari dan sudah seringkali terpapar pada tubuh.

Cadmium adalah zat berbahaya dan beracun yang tak seharusnya ada pada tubuh manusia. Cadmium merupakan zat metal berat berbahaya yang biasanya digunakan dalam baterai.

Cadmium disebut sebagai zat metal yang memiliki tingkat bahaya tertinggi pada kesehatan manusia. Zat ini terdapat dalam rokok dan bisa memapar tubuh ketika seseorang merokok.

Cadmium biasanya menunjukkan efek dalam jangka panjang dan menumpuk pada hati dan ginjal. Perokok mungkin tak merasakan adanya zat ini masuk dalam tubuh mereka dan tak merasakan efeknya. Namun lama-kelamaan mereka akan menyadari ketika cadmium mulai merusak hati dan ginjal.


6.Arsenik

Bicara arsenik, yang ada dalam pikiran Anda tentu zat kimia beracun yang bisa membunuh orang dalam waktu singkat dan tanpa bekas. Zat yang seharusnya sangat dihindari oleh manusia ini ada dalam rokok. Tak hanya merusak organ tubuh, arsenik juga ditengarai bisa menyebabkan kanker.

Arsenik yang ada dalam rokok biasanya adalah arsenik yang tak organik dan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Arsenik tersebut biasanya didapatkan melalui arsenik pestisida yang berasal dari perkebunan tembakau.

Meski kadar dalam rokok bisa jadi sedikit dan tak mematikan, namun zat yang tak berbau dan tak berasa ini wajib diwaspadai untuk efeknya dalam jangka panjang.


7.Hydrogen Cyanide

Hydrogen Cyanide (HCN) adalah zat kimia berbentuk gas yang tidak berwarna, tak berbau, dan tidak memiliki rasa. HCN merupakan zat kimia gas yang paling ringan dan mudah terbakar. Zat ini ada dalam rokok yang Anda isap setiap hari.

Tahukah Anda bahwa HCN tak hanya ada dalam rokok, namun juga pernah digunakan sebagai gas pembunuh oleh NAZI untuk membunuh orang-orang pada ruangan gas semasa Perang Dunia II.

Bisa bayangkan bahwa saat ini Anda tengah menghirup zat yang sama dengan yang digunakan untuk membunuh orang-orang tersebut setiap hari secara sukarela?

Nah, itulah 7 Zat Kimia Paling Berbahaya Yang Tersembunyi Pada Rokok. Setelah mengetahui zat-zat berbahaya di atas, apakah Anda tetap akan merokok?


0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls