Minggu, 11 Mei 2014

5 Kuburan Paling Megah Di Dunia

5 Kuburan Paling Megah Di Dunia - Makam adalah tempat persemayaman terakhir jasad manusia. Biasanya hanya berupa sepetak tanah yang disertai dengan batu nisan sebagai penanda. Tetapi kadang sebuah makam dibangun dengan mewah untuk menunjukkan status si mendiang selama hidupnya. Semakin tinggi status sosial mendiang, semakin megah pula kuburan yang disiapkan untuknya.

Sementara itu tokoh-tokoh dunia yang kiprahnya semasa hidup membawa dampak besar bagi sejarah selalu dimakamkan di lokasi tersendiri yang dibuat dengan biaya besar.

Kuburan-kuburan seperti ini biasanya dibuat megah, dengan arsitektur yang rumit dan bernilai seni tinggi untuk menghargai jasa sang tokoh semasa hidupnya. Karena keindahan dan kemegahannya itulah biasanya kompleks pemakaman orang-orang terkenal dijadikan situs sejarah, museum, atau objek wisata.

Nah, berikut 5 Kuburan Paling Megah Di Dunia, dilansir dari Touropia dan Huffington Post.


1.Piramida Agung Giza, Mesir


Kuburan Paling Megah



Pasti Anda sudah sering mendengar kemegahan kuburan yang satu ini. Piramida Agung Giza, situs sejarah tertua yang menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia ini adalah bagian utama dari kompleks pemakaman sekaligus tempat pemujaan bagi Firaun Khufu.

Saking besarnya, diperkirakan perlu 10 sampai 20 tahun untuk membangun piramida ini. Selama 3.800 tahun Piramida Agung Giza memegang gelar sebagai struktur buatan manusia tertinggi di dunia.


2.Monumen Makam Kaisar Qin Pertama, China


Kuburan Paling Megah


Nama resmi situs monumen makam yang satu ini adalah Monumen Makam Kaisar Qin Pertama. Letaknya di Distrik Lintong, Xi'an, Provinsi Shaanxi, China. Monumen makam ini dibangun untuk menyimpan jasad Qin Shi Huang, kaisar yang mendirikan Dinasti Qin.

Dibangun di dasar bukit setinggi 76 meter yang berfungsi sebagai nisan penanda, pembangunannnya memakan waktu 38 tahun, dari tahun 246 SM sampai 208 SM.Kompleks pemakaman ini meliputi area yang sangat luas, sampai sekarang belum seluruhnya berhasil digali.

Tetapi patung-patung prajurit teracotta yang konon ditempatkan di sekitar makam untuk menjaga jasad sang raja sudah berhasil ditemukan dan dievakuasi. Jumlahnya mencapai 8.000 patung. Belum lagi 130 kereta beserta 670 patung kuda yang juga ikut dikubur di dalamnya. Sementara itu makam sang kaisar sendiri masih belum berhasil digali.


3.Shah-i-Zinda, Uzbekistan


Kuburan Paling Megah


Shah-i-Zinda merupakan salah satu monumen makam yang paling terkenal di Asia Tengah, yang berlokasi di timur laut Uzbekistan. Situs ini meliputi tiga kompleks bangunan utama yang terhubung oleh jalur dengan empat lengkungan.

Kompleks pertama menurut perkiraan dibangun pada abad 11-12. Sementara kompleks kedua diperkirakan dibangun pada abad 14-15.Shah-i-Zinda sendiri berarti 'raja yang hidup'. Istilah ini berkaitan erat dengan legenda mengenai Kusam ibn Abbas, sepupu Nabi Muhammad SAW yang dipenggal.

Konon ia mengambil kepalanya sendiri lalu membawanya ke sumur yang dipercaya sebagai pintu menuju surga dan hidup abadi di sana.


4.Castel Sant'Angelo, Italia


Kuburan Paling Megah


Monumen makam ini didedikasikan untuk Hadrian, tetapi lebih dikenal dengan nama Castel Sant'Angelo. Bangunan berbentuk lingkaran yang dilengkapi dengan menara ini pembangunannya diperintahkan oleh sang raja sendiri untuk menyimpan sisa jasadnya bila dia meninggal nanti.

Abu Hadrian ditempatkan di bangunan megah ini setahun setelah kematiannya, sekalian dengan abu anak angkatnya dan permaisurinya, Sabina. Jenazah keturunan-keturunan Hadrian selanjutnya juga disemayamkan di sini. Bangunan megah ini sempat beralih fungsi beberapa kali. Pernah dijadikan puri, benteng, dan sekarang dijadikan museum.


5.Basilika Santo Petrus, Vatikan


Kuburan Paling Megah


Basilika Santo Petrus merupakan gereja terbesar di dunia. Bangunan dengan arsitektur Renaissance ini menjadi tempat peribadatan utama bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Bangunannya memiliki tinggi 138 meter dan didirikan pada tahun 1506. Michaelangelo dan Raphael, dua seniman terkenal dalam sejarah tercatat sebagai arsitek gereja tersebut. Di basilika ini bersemayam jasad Santo Petrus. Karena itulah namanya diabadikan sebagai nama gereja tersebut.



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls