Layanan digital seperti Spotify, Netflix dan iTunes telah membantu meningkatkan penjualan video, musik dan game di Inggris, menurut angka dari asosiasi pengusaha ritel hiburan di Inggris.
Penjualan video digital tumbuh sebesar 40% pada tahun 2013, membantu mengimbangi penurunan 6,8% pada penjualan format fisik.
Sementara itu streaming musik memperlihatkan kenaikan sebesar 33,7% dan menyumbang hampir 10% dari pendapatan konsumen dari rekaman musik.
Keseluruhan musik, video dan permainan di Inggris bernilai £5,4 miliar (Rp108 triliun) pada 2013, naik 4% dari total nilai sebesar £5,1 miliar (Rp102 triliun) pada 2012.
Kim Bayley, direktur jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Hiburan (ERA), mengatakan ini adalah "hasil yang menakjubkan setelah setidaknya terjadi penurunan selama lima tahun."
Masih laku
Video digital, yang meliputi mengunduhan melalui iTunes serta layanan streaming seperti Netflix dan Lovefilm, menyumbang 30% dari total penjualan video pada 2013 sebesar £2,06 miliar (Rp41,4 triliun).
Skyfall, film James Bond terbaru, adalah video paling laris tahun ini, setelah terjual 2,96 juta unit sejak peluncurannya pada Februari lalu.
Sedangkan sekuel pertama Klik Hobbit, An Unexpected Journey, menduduki penjualan terbesar kedua yang telah menjual 2,06 unit sejak dirilis pada bulan April.
Meski dunia sedang dilanda demam digital dengan segala keuntungannya, penjualan dengan format fisik seperti masih menyumbang sebesar 56% dari seluruh penjualan musik, video dan game di Inggris.
Video Blu-ray adalah format fisik dengan kinerja terbaik, dengan penjualan hampir £252 juta dan meningkat 10% pada 2012.
Tapi penjualan album vinyl juga melihat peningkatan yang signifikan selama 12 bulan terakhir.
0 komentar :
Posting Komentar