Jumat, 28 Februari 2014

7 Tempat Pemujaan Paling Terkenal Di Asia

7 Tempat Pemujaan Paling Terkenal Di Asia - Selain keindahan alamnya yang mempesona, Asia juga menyimpan berbagai bangunan bersejarah yang menakjubkan. Salah satunya adalah kuil-kuil pemujaan yang usianya sudah berabad-abad. Berikut ini 7 Tempat Pemujaan Paling Terkenal Di Asia yang direkomendasikan Touropia untuk dikunjungi.


1. Wat Phra Kaew, Bangkok, Thailand

Wat Phra Kaew, Bangkok, Thailand
 Foto : merdeka.com

Nama resmi kuil ini adalah Wat Phra Kaew atau Kuil Buddha Giok. Wat Phra Kaew merupakan salah satu objek wisata yang paling dikenal di Bangkok. Bangunannya berwarna keemasan ini terletak di dalam kompleks istana. Disebut Kuil Buddha Giok karena di ubosoth, bangunan utamanya terdapat patung Buddha berukuran besar yang terbuat dari batu giok. Patung tersebut merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.


2. Tian Tan, Beijing, China

Tian Tan, Beijing, China
Foto : merdeka.com

Tian Tan atau dalam bahasa Indonesia disebut Kuil Surga adalah kuil pemujaan bagi para penganut Taoisme. Terletak di distrik Dongcheng, kuil ini dibangun pada zaman kekuasaan Kaisar Yongle mulai tahun 1406 sampai tahun 1420 sebagai persembahan bagi langit. Karena itulah arsitektur kuil ini bertema bumi dan langit, melambangkan hubungan antara umat manusia dan para dewa. Kuil ini dikelilingi tembok dan taman yang bisa diakses melalui gerbang yang terletak di empat penjuru mata angin.


3. Kuil Lotus, New Delhi, India

Kuil Lotus, New Delhi, India
Foto : merdeka.com

Kuil yang menjadi tujuan wisata populer di New Delhi ini terkenal karena arsitekturnya yang menyerupai bunga teratai raksasa. Kuil ini terletak di desa Bahapur, Delhi. Didirikan pada tahun 1986 oleh Fariborz Sahba, arsitek asal Iran. Digunakan sebagai tempat persembahyangan bagi para penganut kepercayaan Bah??. Kelopak teratainya terbuat dari lembaran-lembaran pualam. Sementara bangunannya mampu menampung sampai dua ribu lima ratus pengunjung.


4. Paro Taktsang , Bhutan

Paro Taktsang , Bhutan
Foto : merdeka.com

Paro Taktsang adalah nama populer untuk Taktsang Palphug yang berati sarang harimau. Bangunan ini terletak di lembah Paro, tepatnya di ujung tebing setinggi sembilan ratus meter. Tempat ini dibangun untuk menghormati Guru Padmasambhava yang telah menyebarkan agama Buddha di Bhutan. Gua tempat Guru Padmasambhava bertapa yang terletak di dekat bangunan ini juga menjadi lokasi yang dicari para turis.


5. Candi Borobudur, Magelang, Indonesia

Candi Borobudur, Magelang, Indonesia
Foto : merdeka.com

Borobudur merupakan candi peninggalan Dinasti Syailendra. Candi yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini dibangun di atas bukit. Strukturnya menyerupai piramida berundak dan terbuat dari sekitar dua juta batu andesit. Sedangkan bangunannya terbagi menjadi tiga bagian yang melambangkan fase hidup manusia, yaitu kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu. Sampai sekarang candi ini masih menjadi tempat pemujaan bagi para penganut agama Buddha dari seluruh dunia. selain itu di tempat ini sering diselenggarakan pagelaran sendratari.


Baca Juga #5 Misteri Candi Borobudur.


6. Angkor Wat, Angkor, Kamboja

Angkor Wat, Angkor, Kamboja
Foto : merdeka.com

Angkor Wat merupakan kompleks pemujaan untuk raja Suryawarman II yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Angkor Wat berarti kuil kota. Tempat ini didirikan pada abad 12. awalnya digunakan sebagai tempat pemujaan bagi pemeluk agama Hindhu, tetapi sekarang dijadikan sebagai kuil untuk umat Buddha. Angkor Wat merupakan tujuan wisata yang populer di kalangan turis mancanegara. Kuil ini bahkan sempat menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar untuk film Lara Croft: Tomb Raider yang dibintangi oleh aktris Angelina Jolie.


7. Baalbeck, Lebanon

Baalbeck, Lebanon
Foto : merdeka.com

Baalbeck adalah sebuah kota yang terletak di lembah Beeka, Lebanon. Di tempat ini terdapat reruntuhan kuil yang dibangun pada zaman kejayaan Romawi. Di sana terdapat tiga kuil yang digunakan untuk memuja dewa Jupiter, Venus, dan Bacchus. Kuil jupiter merupakan bangunan yang terbesar dan terbuat dari batu granit. Tetapi yang sampai saat ini kondisinya masih cukup baik hanya kuil pemujaan Bacchus

Nah, itulah 7 Tempat Pemujaan Paling Terkenal Di Asia semoga menambah wawasan anda.


Baca Juga #10 Skandal Seks Paling Heboh Di Asia.

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls