Rabu, 19 Februari 2014

9 Gunung Pasir Paling Menakjubkan Di Dunia

9 Gunung Pasir Paling Menakjubkan Di Dunia



9 Gunung Pasir Paling Menakjubkan Di Dunia - Tak sedikit orang yang tersihir dengan keindahan Bromo sebagai gunung pasir. Jika keindahan Bromo membuat Anda menganga, cobalah datangi 9 gunung pasir ini. Dari yang tertinggi sampai yang tertua, berikut daftarnya!

Dikutip dari Fox News, Senin (27/1/2014), berikut 9 Gunung Pasir Paling Menakjubkan Di Dunia :


1. Great Dune of Pyla, Prancis

Gunung Pasir
Foto: (Atout France/ Franck Charel)

Disebut juga sebagai Great Dune of Pilat, gunung pasir yang terletak di tenggara Prancis ini merupakan yang tertinggi di Eropa. Ketinggiannya antara 99-114 meter, tergantung kencangnya angin yang berhembus.

Gunung pasir ini juga berpindah, bergerak antara 1-4,8 meter tiap tahunnya. Semakin lama, gunung pasir ini semakin dekat dengan hutan yang ada di dekatnya. Beberapa tahun belakangan Great Dune of Pyla telah 'menelan' pepohonan pinus, jalanan, sampai rumah.

Gunung pasir ini adalah wilayah yang dilindungi pemerintah. Namun traveler bisa mendaki ke atasnya, atau mencoba paragliding untuk melihat panorama gunung dari ketinggian.


2. Dune 7, Namibia

Gunung Pasir
Foto: (Vicki Brown/ Namibia Tourism Board)

Kementerian Lingkungan dan Pariwisata Namibia mendaulat Dune 7 sebagai gunung pasir tertinggi di dunia. Gunung pasir ini menjadi bagian dari Namib Desert, gurun pasir tertua sedunia yang disinyalir berusia lebih dari 55 juta tahun.

Dune 7 terdiri dari 7 gunung pasir, dengan titik tertinggi 382 meter. Gunung pasir ketujuh berada melintasi Sungai Tsauchab di tengah-tengah Namib Desert.


3. Star Dune, AS

Gunung Pasir
Foto: (NPS Photo)

Gunung pasir Star Dune adalah bagian dari Great Sand Dunes National Park & Preserve, Colorado, AS. Ini adalah gunung pasir tertinggi di Amerika Utara, tingginya mencapai 228 meter. Gunung pasir ini dipagari Rocky Mountain, membuat panorama dari puncak Star Dune sangat cantik.

anda bisa mendaki gunung pasir ini hanya dalam waktu 2 jam. Waktu paling baik mengunjungi Star Dune adalah pagi atau sore hari selama musim panas. Jangan lupa menyewa papan seluncur, karena sandboarding dibolehkan di sini!


4. Big Red, Australia

Gunung Pasir
Foto: (Charlie Ferguson/ Tourism and Events Queensland)

Dengan luas lebih dari 104 Km2, Simpson Desert tak hanya jadi gurun terbesar di dunia. Kawasan ini juga punya gunung pasir terpanjang sedunia, memanjang dari utara ke selatan, dari Northern Territory sampai South Australia.

Namun dari semua gunung pasir, puncak tertingginya adalah Big Red. Tingginya 39 meter dan lokasinya dekat dengan Simpson Desert National Conservation Park di Queensland. Kawasan gurun pasir berwarna merah ini ditutup selama musim panas, yakni bulan November-Maret. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Big Red kapan saja.


5. Badain Jaran Desert Dunes, China

Gunung Pasir
Foto: (Fox News)

Berada di Inner Mongolia, Badain Jaran Desert Dunes adalah gunung pasir di dataran paling tinggi sedunia. Ketinggiannya mencapai 487 meter, dan punya sesuatu yang unik.

Di gunung pasir ini kerap terdengar suara aneh, mirip nyanyian. Tak jelas apa yang menyebabkan munculnya suara tersebut, bisa jadi karena gesekan pasir dengan angin yang berhembus. Namun tentu saja, Anda bisa menyambangi gurun pasir ini naik kendaraan roda empat atau jika berani, naik unta!




6. Gunung Tempest, Australia

Gunung Pasir
Foto: (Tourism and Events Queensland)

Berlokasi di Moreton Island National Park, Pulau Moreton, ini adalah gunung pasir tertinggi yang berada di pinggir pantai. Ketinggiannya mencapai 284 meter!

Mendaki sampai puncak gunung pasir ini sangat sulit dilakukan. Namun tak sedikit pendaki yang ingin menaklukkan puncaknya. Panorama dari atas sini sangat indah, apalagi dekat sana terdapat beberapa laguna dan danau cantik.


7. White Sands National Monument, AS

Gunung Pasir
Foto: (New Mexico Tourism Department)

White Sands National Monument lebih tampak seperti kumpulan salju dibanding gunung pasir. Ya, gurun pasir yang terletak di Tularosa Basin, New Mexico, AS ini memang berpasir putih.

Di White Sands National Monument terdapat gunung pasir ikonik yang bisa didaki. Bulan dan musim apa pun di tiap tahun, anda bisa memasukinya mulai pukul 09.00 waktu setempat sampai 1 jam sehabis senja.


8. Cerro Medanoso, Chile

Gunung Pasir
Foto: (Turismo Chile)

Menjulang setinggi 584 meter, Cerro Medanoso disebut-sebut sebagai gunung pasir tertinggi kedua di dunia. Meski masih dipertanyakan kebenarannya, benar bahwa Cerro Medanoso adalah gunung pasir tertinggi di Chile.

Berada di Atacama Desert, gunung pasir ini jadi lokasi sandboarding tersohor di Chile. Jadi, jangan heran kalau melihat para sandboarder unjuk kebolehan di gunung ini.


9. Athabasca Sand Dunes Wilderness Provincial Park, Kanada

Gunung Pasir
Foto: (Davin Andrie/ Tourism Saskatchewan)

Gurun pasir yang ada di wilayah Saskatchewan, Kanada, berbeda dari biasanya. Setengah bagian gurun ini terendam air karena berada di selatan Danau Athabasca. 

Lokasinya sungguh terisolir, Anda hanya bisa menyambanginya naik kapal amphibi. Ada beberapa gunung pasir di kawasan ini, semuanya bisa disambangi dengan naik kapal amphibi.

Nah, itulah 9 Gunung Pasir Paling Menakjubkan Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga #Unik - Ada Gurun Pasir Ditengah Salju.

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls