Selasa, 18 Februari 2014

Misteri Foto Penampakan Letusan Gunung Kelud

Misteri Foto Penampakan Letusan Gunung Kelud


Foto Penampakan Letusan Gunung Kelud
Foto: copyright merdeka.com

Misteri Foto Penampakan Letusan Gunung Kelud - Dikutip dari merdeka.com (14/2), Gunung Kelud telah melakukan aktivitas-aktivitas kecil sebelum memulai erupsi. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupatern Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang ini seolah 'mempersilahkan' Gunung Sinabung meletus lebih dahulu.


Berbagai fenomena alam terjadi. Mulai dari sambaran-sambaran petir mencekam yang menghiasi langit malam, hujan kerikil sebesar kelereng hingga pasir dan abu pun terjadi deras. Sebelum erupsi terjadi, gumpalan awan hitam memang sudah terlihat menggantung di angkasa. Tentu saja, tak sedikit orang yang mengabadikan momen mencekam ini dari kamera ponsel mereka.

Berbagai foto muncul di jejaring sosial, namun ada satu foto yang cukup menarik perhatian. Di Facebook, sebuah foto wajah yang mirip manusia raksasa terbentuk dari gumpalan abu vulkanik Gunung Kelud.

Banyak yang percaya akan foto itu, namun tak sedikit pula yang mengatakan foto ini hanya editan semata. Hal seperti ini terjadi bukan untuk pertama kali. Beberapa tahun lalu saat Merapi meletus, juga muncul sebuah foto dengan pemandangan wajah salah satu Punakawan yang tertangkap jelas di sebuah kamera. Saat musibah dunia, gedung WTC yang dihantam pesawat terbang beberapa waktu lalu pun juga sempat merebakkan isu foto wajah di antara ledakan hebat.

Kalau foto itu memang benar adanya tanpa editan, hal ini merupakan suatu hal yang teramat wajar. Fenomena yang melibatkan stimulus samar dan acak membentuk sebuah gambar jelas ini disebut Pareidolia dikutip dari Wikipedia. Dalam hal ini, stimulus samar dan acak ini adalah gumpalan abu vulkanik.

Jadi, ada kemungkinan besar kalau memang foto itu tidak diedit. Memang yang terjadi dalam foto adalah fenomena Pareidolia.

Nah, itulah Misteri Foto Penampakan Letusan Gunung Kelud semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga #6 Fakta Menarik Letusan Gunung Kelud.

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls