Selasa, 18 Februari 2014

Berbagai Khasiat Jamur untuk Kesehatan: Sumber Vitamin D dan Cegah Kanker

Berbagai Khasiat Jamur untuk Kesehatan: Sumber Vitamin D dan Cegah Kanker

Hestianingsih - wolipop

Jakarta - Jamur termasuk dalam kelompok sayur-mayur namun memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang juga terdapat pada daging, gandum dan biji-bijian. Baik itu jenis jamur portobello, shiitake, jamur kancing atau enoki, semuanya diperkaya berbagai nutrisi penting tapi juga rendah kalori. Masih banyak manfaat kesehatan lain dari jamur yang perlu Anda ketahui, seperti yang dikutip dari Health Me Up.

1. Sumber Vitamin D
Seperti halnya manusia, jamur juga memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Hal ini yang menjadikan jamur unik karena merupakan satu-satunya tanaman yang tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri secara alami. Mengonsumsi jamur kancing yang dikeringkan diketahui bisa memenuhi kebutuhan vitamin D2 dan D3 setiap hari bahkan sama efektifnya dengan mengonsumsi suplemen vitamin D dalam bentuk pil atau kapsul.

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Tanaman 'bertopi' ini bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi protein serta antivirus yang dilepaskan oleh sel-sel ketika emereka mencoba melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mempercepat pematangan sel-sel dendritik dari tulang yang membantu memperkuat sistem imun untuk melawan mikroba yang merugikan.

3. Sumber Antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan, salah satunya selenium yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang bisa memicu timbulnya penyakit kronis. Jamur juga memiliki antioksidan lain yang disebut ergothioneine yang juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

4. Menjaga Berat Badan Ideal
Jika ingin turunkan berat badan maka Anda bisa mengonsumsi jamur kancing sebagai pengganti daging. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi jamur bisa meningkatkan kesehatan saluran cerna yang akhirnya membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang dan menurunkan berat badan.

5. Melawan Kanker
Jamur juga merupakan makanan yang mengandung bahan pencegah kanker alami. Sebuah studi menunjukkan, dengan mengonsumsi jamur secara teratur tiap hari bisa mengurani risiko kanker prostat dan payudara. Jamur jenis shitake, diketahui juga bisa mencegah pertumbuhan tumor.

(hst/aln)



Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
wolipop.detik

0 komentar :