Jumat, 28 Februari 2014

Setipe, Situs Perjodohoan Untuk yang Serius Cari Jodoh

Setipe, Situs Perjodohoan Untuk yang Serius Cari Jodoh

Liputan Khusus Perjodohan

Eny Kartikawati - wolipop

Jakarta - Mencari jodoh melalui dunia maya, cara ini belakangan banyak menjadi pilihan mereka yang ingin menemukan pasangan hidup. Setipe merupakan salah satu situs yang menawarkan sistem perjodohan online ini. Dengan mewajibkan calon anggota menjawab lebih dari 120 pertanyaan, Setipe menjadi situs yang cocok ketika Anda memang berniat serius mencari jodoh.

Setipe didirikan oleh dua pria Razi Thalib and Kevin Aluwi. Psikolog klinis Pingkan C.B. Rumondor juga termasuk orang yang ikut membantu membuat konsep Setipe. Pingkan mengungkapkan situs tersebut konsepnya sudah dibuat sejak 2011. Namun baru 2013 lalu Setipe meluncur ke dunia maya.

Seperti situs perjodohan pada umumnya, Setipe dibuat untuk membantu orang-orang menemukan pasangannya. Namun situs ini menawarkan hal berbeda. Razi dan Pingkan ingin orang yang mendapat pacar di situs mereka, hubungan asmaranya sehat dan bisa bertahan lama. Mereka juga tidak ingin anggotanya hanya sekadar main-main saj a ketika bergabung ke Setipe.

Pingkan menceritakan Setipe awalnya didirikan karena melihat orang-orang yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya dan tidak memiliki waktu untuk mencari pasangan. Orang-orang ini khususnya mereka yang tinggal di luar kota atau luar negeri dan berada pada lingkungan baru.

"Jadinya jaringan mereka sedikit, susah mengenal orang baru. Walaupun kenal, bisa juga setelah ketemu nggak cocok, jadi buang-buang waktu. Kita berusaha memfasilitasi untuk mengurangi hal-hal seperti itu (buang-buang waktu-red)," ujar Pingkan saat berbincang dengan Wolipop di Kampus Bina Nusantara, Jl. Kemanggisan Ilir, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2014).

Agar tidak membuang waktu anggotanya dalam mencari pasangan, Setipe akan mencarikan mereka orang-orang yang memang cocok secara kepribadian. Kecocokkan ini bisa diketahui setelah calon anggota terlebih dulu menjawab kurang lebih 120 pertanyaan saat pertamakali mendaftar Setipe. Ratusan pertanyaan terseb ut merupakan tes kepribadian yang bisa membantu anggota memahami dirinya sendiri dan calon pasangan seperti apa yang diinginkannya.

Tes kepribadian ini menurut Pingkan penting untuk dijalani terutama ketika Anda mencari pasangan yang serius. Dari tes kepribadian tersebut, Setipe, dengan menggunakan sistem algoritma, akan mencarikan anggotanya pasangan yang cocok. Setipe kemudian akan mengirimkan data diri anggota yang cocok itu pada Anda. Anda kemudian bisa melihat lagi mana dari orang-orang tersebut yang dirasa paling pas dan menarik.

Ketika sudah menemukan orang yang cocok tadi, Anda bisa mengundang mereka untuk berkenalan lebih dekat secara online. Menariknya dari Setipe ini adalah, orang lain yang tidak dianggap cocok dengan Anda, tidak bisa melihat lebih jauh data diri termasuk hasil tes kepribadian. Hanya orang yang dianggap 'match' atau jodoh saja yang bisa melihat secara detail.

"Kita mengedepankan safety banget, bahwa pertama orang nggak bisa searc hing kita, misalnya nama si A atau ada nggak ya si A di Setipe, itu nggak bisa dideteksi karena private. Yang tahu si A cuma dia sendiri dan orang yang matching dengan dia. Kalau diinvite baru bisa saling mengobrol," jelas Pingkan memaparkan mekanisme privacy di Setipe.

Dengan mekanisme yang mengedepankan keamanan anggotanya ini Setipe hingga sekarang sudah berhasil menarik perhatian 20 ribu orang. Pada akhir 2013 lalu, situs tersebut juga sempat mengadakan acara speed dating atau kencan kilat untuk para anggotanya. Namun acara tersebut dibatasi hanya untuk tujuh pria dan tujuh wanita. Ke depannya, Setipe berharap bisa menawarkan anggotanya sistem perjodohan online yang lebih aman dan menarik.

(eny/kik)




Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
wolipop.detik

0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls