Sabtu, 22 Februari 2014

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Hestianingsih - wolipop

Jakarta - Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori, namun ternyata manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia empat alasan sehat kenapa berjalan kaki perlu dilakukan secara rutin, seperti dikutip dari Lifemojo.

1. Meningkatkan Kemampuan Otak
Untuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja. Pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap. Perlu diketahui juga, berjalan kaki juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam d an meningkatkan kewaspadaan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Berjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga Anda terhindar dari penyakit jantung dan jauh dari ancaman stroke.

3. Mencegah Impotensi
Memiliki kebiasaan berjalan kaki minimal 3 km setiap harinya dipercaya mampu mengurangi risiko impotensi pada pria. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association dan efeknya akan lebih berpengaruh pada pria setengah baya dan pria dengan masalah diabetes.

4. Umur Lebih Panjang
Sebuah studi yang meneliti 8 ribu pria menemukan bahwa berjalan minimal 3 km setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Risiko kematian akibat kanker juga di temukan lebih rendah. Hal ini karena saat tubuh beraktivitas, aliran darah jadi lebih lancar dan suplai oksigen pada darah juga lebih banyak. Aliran darah yang lancar merupakan kunci untuk dapatkan hidup sehat lebih lama. Jadi biasakanlah berjalan kaki secara rutin, minimal tiga kali seminggu agar panjang umur.


(hst/fer)




Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
wolipop.detik

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls