Rabu, 26 Maret 2014

10 Patung Legenda Sepakbola Paling Terkenal Di Dunia

10 Patung Legenda Sepakbola Paling Terkenal Di Dunia - Banyak pemain sepakbola yang menjadi legenda besar di kancah sepakbola dunia. Namun hanya sedikit yang membekas di banyak supporter klub yang dibelanya hingga beberapa dekade.

Berikut 10 pemain besar dari segelintir pesepakbola dunia yang begitu dicintai supporter klub yang dibelanya selama berkarir hingga diabadikan dalam wujud patung di stadion kebesaran klubnya.


1.Law, Charlton and Best (Old Trafford)

Law, Charlton and Best (Old Trafford)
Foto : merdeka.com


Law, Charlton, dan Best merupakan salah satu pemain klub Manchester United yang memiliki kontribusi besar dalam membangun sejarah kesuksesan klub tersebut.

Patung dengan julukan 'Holy Trinity' ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan dan bentuk pengingat akan jasa ketiga pemain tersebut. Patung ini sendiri menjadi salah satu benda paling ikonik dari stadion Old Trafford.


2.Gabriel Omar Batistuta (Stadio Artemio Franchi)

Gabriel Omar Batistuta (Stadio Artemio Franchi)
Foto : merdeka.com

Gabriel Batistuta, legenda klub Fiorentina ini dikenal sangat mencintai klub yang bermarkas di Stadio Artemio Franchi. Kecintaan Batistuta dibuktikan dengan loyalitasnya dengan mengantar La Viola kembali ke Serie A.

Sembilan tahun berseragam Fiorentina, Batistuta berhasil mencetak 209 gol dari 325 penampilannya. Patung Batistuta terbuat dari perunggu setinggi 10 kaki. Di bagian bawah patung tertulis kata yang memiliki arti "Dia adalah seorang prajurit yang tak akan menyerah, kuat dalam pertarungan, tetapi memiliki hati yang bijaksana"


3.Bobby Moore (Wembley Stadium)

Bobby Moore (Wembley Stadium)
Foto : merdeka.com

Bobby Moore adalah legenda Inggris dan West Ham United. Bobby Moore tercatat sebagai kapten dari Inggris saat mereka memenangi Piala Dunia 1996.

Patung Moore dibuat menghadap ke Utara, sehingga seolah-olah patung sang legenda tersebut sedang memandang para fans yang sedang menuju ke stadion. Patung tersebut dibuat dari bahan perunggu setinggi 20 kaki dan memiliki berat sekitar dua ton.


4.Sir Tom Finney (National Football Museum)

Sir Tom Finney (National Football Museum)
Foto : merdeka.com

Finney adalah salah satu pemain terhebat yang berasal dari tanah Inggris. Finney juga dikenal dengan pemain sepakbola yang begitu loyal dengan hanya memperkuat satu tim sepanjang karirnya yaitu di tim Preston North End.

Untuk menghargai jasa dari pemain yang dianugerahi Footballer of the Year dua kali sepanjang karirnya, yakni pada musim 1953-54 dan 1956-57 ini, sosoknya diabadikan dalam sebuah patung berdasarkan foto bersejarah saat Sir Tom Finney berhasil menaklukkan dua pemain belakang Chelsea.


5.Tony Adams (Emirates Stadium)

Tony Adams (Emirates Stadium)
Foto : merdeka.com

Tony Adams merupakan legenda tim Arsenal yang mana dirinya menghabiskan seluruh karir sepakbolanya di tim asal Kota London ini. Mengabdi di Arsenal selama 22 tahun, Adams dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Arsenal. Bersama Arsenal, Adams telah memenangi berbagai kejuaraan, yaitu 4 trofi Liga Inggris, 3 trofi FA Cups, 2 trofi Piala Liga, 1 trofi UEFA CUp Winners' Cup, dan 3 trofi Community Shield.

Patung tony Adams pun sudah berdiri di stadion Emirates Stadium untuk mengingatkan para Gunners atas jasa besar Adams dan ajang penghormatan untuk dirinya.


6.Bobby Moore, Geoff Hurst, Martin Peters and Ray Wilson (Upton Park)

Bobby Moore, Geoff Hurst, Martin Peters and Ray Wilson (Upton Park)
Foto : merdeka.com

Monumen kuartet pemain timnas Inggris ini menunjukkan momen kejayaan negaranya di dunia sepakbola. Patung kuartet Bobby Moore, Geoff Hurst, Martin Peters dan Ray Wilson dibuat dengan setting ketika mereka tengah merayakan kejayaan Inggris di Piala Dunia 1966. Patung yang memiliki tinggi 16 kaki dengan berat 4 ton ini diletakkan di Upton Park.


7.Sir Stanley Mathews (Britannia Stadium)

Sir Stanley Mathews (Britannia Stadium)
Foto : merdeka.com

Sir Stanley Matthews memiliki tiga buah patung yang kesemuanya memiliki tinggi 9 kaki dan terbuat dari tanah liat.

Patung ini sendiri dibuat karena Sir Stanley Matthews merupakan pemain sepakbola berprestasi dengan menjadi satu-satunya pemain yang diberi gelar "knight" oleh Kerajaan Inggris ketika masih aktif bermain.

Julukan yang erat dengan pemain ini adalah "The Magician", selain itu dia juga dijuluki sebagai "The Wizard of the Dribble".


8.Billy Wright (Molineux Stadium)

Billy Wright (Molineux Stadium)
Foto : merdeka.com

Billy Wright contoh lain dari pesepakbola yang setia dengan satu klub ini hanya mengabdi ke klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Wright yang merupakan salah satu sosok dengan jiwa kepemimpinan tinggi di atas lapangan ini sukses membawa timnya memenangkan tiga trofi Liga Inggris yang mana dulu masih bernama First Division dan satu Piala FA.


9.Eusebio (Estadio da Luz)

Eusebio (Estadio da Luz)
Foto : merdeka.com

Eusebio merupakan pemain melegenda dari klub Benfica yang bahkan memiliki dua patung. Satu patung pemain berjuluk 'Black Panther' ini ditaruh di luar Gillette Stadion di Foxborough, Mass. Sementara patung lainnya terdapat di depan Estadio da Luz, markas dari klub Portugal, Benfica.

Patung Eusibio dengan pose akan menendang bola ini juga dibuat dengan estetika yang sangat indah sehingga patungnya terlihat begitu nyata.


10.Carlos Valderrama (Eduardo Santos Stadium)

Carlos Valderrama (Eduardo Santos Stadium)
Foto : merdeka.com

Sosok pemain bola hebat Carlos Valderrama juga dijadikan satu patung di stadion Eduardo Santos Stadium. Stadion ini merupakan kandang dari tim Union Magdalena yang mana menjadi tim pertama Carlos "El Pibe" Valderrama saat dirinya mengawali karir.

Patung Valderama dibuat dengan tinggi hingga 22 kaki dan menghadap ke Utara stadion. Patung Valderama tergolong sangat unik, rambut dari patung tersebut terlihat seperti gumpalan mie keriting yang disatukan.

Nah, itulah 10 Patung Legenda Sepakbola Paling Terkenal Di Dunia semoga bisa menambah wawasan anda.

Baca Juga :



langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls